Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penanganan Covid-19 di 10 Provinsi Prioritas Semakin Baik, Satgas Minta Masyarakat Tetap Displin 3M

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 23 Oktober 2020, 11:27 WIB
Penanganan Covid-19 di 10 Provinsi Prioritas Semakin Baik, Satgas Minta Masyarakat Tetap Displin 3M
Wiku Adisasmito/Net
rmol news logo Upaya pemerintah menangani pandemi Covid-19 di 10 provinsi prioritas menunjukkan hasil yang semakin membaik.

Jurubicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menerangkan, keadaan yang semakin membaik di 10 provinsi prioritas terlihat dari data perbandingan jumlah kasus positif.

Di mana, dari 10 provinsi ada yang mengalami penurunan jumlah kasus seperti Sumatera Utara 6,3 persen, DKI Jakarta 9,2 persen, Jawa Barat 8,7 persen, Jawa Timur 6,4 persen, dan Bali 17,3 persen.

"Penurunan tertinggi ada di Bali," ujar Wiku dalam jumpa pers dan tanya jawab Satgas Penanganan Covid-19 yang disiarkan kanal Youtube BNPB, Kamis (22/10).

Sementara itu, terjadi kenaikan kasus positif di 5 daerah lainnya. Antara lain di Papua naik tinggi 27,1 persen, Sulawesi Selatan 5,5 persen, Jawa Tengah 1,6 persen, Kalimantan Selatan 1,2 persen dan Aceh 0,3 persen.

Adapun dalam perbandingan jumlah kematian, kenaikan kasus terjadi di Sumatera Utara 34,8 persen, DKI Jakarta 6,7 persen, Jawa Tengah 23 persen, Kalimantan Selatan 9,1 persen, Sulawesi Selatan 42,9 persen, dan Aceh 43,8 persen.

Meski demikian ia berpesan agar pencapaian beberapa provinsi tidak membuat pemerintah daerah dan masyarakat menjadi lengah dan berpuas diri. Terutama karena angka kematian yang cukup memprihatinkan, di mana tingkat kematian pada 50 persen dari 10 provinsi prioritas mengalami peningkatan.

"Kami meminta seluruh fasilitas pelayanan kesehatan untuk betul-betul mengikuti standar pengobatan dan pelayanan yang telah ditentukan Kementerian Kesehatan bersama 5 organisasi kedokteran," ungkapnya.

"Kasus aktif harapannya dapat ditekan dengan meminimalisir penularan dan seluruh lapisan masyarakat dapat berkontribusi melaksanakan 3M yaiu menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan, demikian Wiku Adisasmito. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA