Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Buru Harun Masiku

KPK Panggil Ulang Kader PDIP Saeful Bahri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 30 Juli 2024, 23:37 WIB
KPK Panggil Ulang Kader PDIP Saeful Bahri
Kader PDIP, Saeful Bahri/RMOL
rmol news logo Mantan terpidana, Saeful Bahri (SB) tidak hadir memenuhi panggilan tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena surat panggilannya dikembalikan kepada KPK.

Jurubicara KPK, Tessa Mahardika Sugiarto mengatakan, sedianya kader PDIP Saeful Bahri dipanggil untuk diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap yang melibatkan buronan Harun Masiku (HM) selaku mantan Caleg PDIP di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan pada hari ini, Selasa (30/7).

"Saeful Bahri tidak hadir," kata Tessa kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Selasa (30/7).

Tessa menjelaskan, surat panggilan yang dikirimkan KPK dikembalikan oleh petugas yang mengirimkan surat tersebut.

"Jadi nanti penyidik akan memanggil kembali, apakah alamatnya yang salah, atau mungkin tidak diterima atau bagaimana nanti akan ditelusuri lagi," pungkas Tessa.

Dalam upaya mencari dan menangkap Harun dalam kasus suap pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR RI periode 2019-2024, penyidik KPK telah memeriksa sejumlah saksi, yakni, mantan Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan yang sudah 2 kali diperiksa, Simeon Petrus selaku tim hukum DPP PDIP, Hugo Ganda selaku mahasiswa, serta Melita De Grave selaku mahasiswa.

Selanjutnya, penyidik juga telah memeriksa Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Senin (10/6). Setelah itu, penyidik juga memeriksa staf Hasto, Kusnadi pada Rabu (19/6), setelah sebelumnya mangkir pada Kamis (13/6), dengan alasan trauma.

KPK juga melakukan pencegahan terhadap orang dekat Hasto agar tidak bepergian ke luar negeri selama 6 bulan ke depan sejak 22 Juli 2024.

Kelima orang yang dicegah, yakni Kusnadi (K), Simeon Petrus (SP), Yanuar Prawira Wasesa (YPW) selaku pengacara PDIP, Donny Tri Istiqomah (DTI) selaku pengacara PDIP, dan Dona Berisa (DB) selaku mantan istri Saeful Bahri.

Dari kelima orang itu, mayoritas juga sudah diperiksa maupun rumahnya digeledah KPK. Seperti Kusnadi, Simeon Petrus, dan Dona Berisa sudah diperiksa tim penyidik KPK. Sedangkan Donny Tri Istiqomah rumahnya sudah digeledah.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA