Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Usut TPPU, KPK Masih Telusuri Pemesanan Layanan Eksklusif Private Jet Lukas Enembe

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 31 Agustus 2023, 11:54 WIB
Usut TPPU, KPK Masih Telusuri Pemesanan Layanan Eksklusif Private Jet Lukas Enembe
Gubernur Papua nonaktif, Lukas Enembe/RMOL
rmol news logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mendalami soal pemesanan layanan eksklusif private jet oleh Gubernur Papua nonaktif, Lukas Enembe (LE), dalam penelusuran dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Jurubicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri mengatakan, pihaknya telah memeriksa seorang saksi dalam TPPU Lukas. Yakni Megawati Suganda Putri selaku Freelance Aviasi Global Auto Traders di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (30/8).

"Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan adanya booking layanan eksklusif private jet oleh tersangka LE," ujar Ali kepada wartawan, Kamis siang (31/8).

Sementara itu, seorang saksi lainnya, yakni Revy Dian Permata Sari selaku Komisaris PT Cycloop Rizqiana tidak hadir dan akan dijadwalkan pemeriksaan ulang.

Selanjutnya pada hari ini, tim penyidik memanggil tiga orang saksi. Yakni Gibrael Isaak selaku Presiden Direktur PT RDG, Richard Barends selaku staf honorer di Badan Penghubung Daerah Provinsi Papua, dan Tina Sutinah selaku Direktur SOS Aviation.

Selain menjadi tersangka TPPU, Lukas Enembe juga saat ini masih berstatus sebagai terdakwa dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait pekerjaan proyek infrastruktur di Provinsi Papua.

Dalam perkara suap dan gratifikasi itu, Lukas didakwa menerima hadiah yang keseluruhannya sebesar Rp45.843.485.350 (Rp45,8 miliar) bersama dengan Mikael Kambuaya selaku Kepala Dinas PU Pemprov Papua tahun 2013-2017 dan Gerius One Yoman selaku Kepala Dinas PUPR Pemprov Papua tahun 2018-2021.

Uang tersebut diterima dari Piton Enumbi selaku Direktur sekaligus pemilik PT Melonesia Mulia, PT Lingge-Lingge, PT Astrad Jaya, dan PT Melonesia Cahaya Timur sebesar Rp10.413.929.500 (Rp10,4 miliar).

Lukas juga menerima uang dari Rijatono Lakka selaku Direktur PT Tabi Anugerah Pharmindo, Direktur PT Tabi Bangun Papua, sekaligus pemilik manfaat CV Walibhu sebesar Rp35.429.555.850 (Rp35,4 miliar).

Uang tersebut diberikan agar terdakwa Lukas bersama Mikael dan Gerius mengupayakan perusahaan-perusahaan yang digunakan Piton Enumbi dan Rijatono Lakka dimenangkan dalam proyek pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua TA 2013-2022.

Selain itu, Lukas juga didakwa menerima gratifikasi berupa uang sebesar Rp1 miliar yang berhubungan dengan jabatannya dan yang berlawanan dengan kewajiban dan tugasnya selaku Gubernur Papua periode 2013-2018.

Dalam perkara TPPU, KPK sudah menyita aset Lukas senilai Rp144,7 miliar, berupa uang tunai senilai Rp81,9 miliar dalam bentuk mata uang rupiah, dolar AS, dan dolar Singapura, lalu berupa tanah dan bangunan, emas, dan kendaraan senilai lebih dari Rp62,7 miliar. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA