Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sebelum Panggil Mentan Syahrul Yasin Limpo, KPK Sudah Kantongi Data Korupsi Kementan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Jumat, 16 Juni 2023, 09:13 WIB
Sebelum Panggil Mentan Syahrul Yasin Limpo, KPK Sudah Kantongi Data Korupsi Kementan
Jurubicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri/Net
rmol news logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan sudah memiliki informasi dan data terkait perkara dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Informasi dan data yang sudah dipegang itu akan didalami ke Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Jurubicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri membenarkan bahwa hari ini, Jumat (16/6), tim penyelidik mengundang Syahrul untuk permintaan keterangan terkait dugaan korupsi di Kementan.

"Ini merupakan proses yang dilakukan dalam rangka pengumpulan bahan keterangan sehingga berikutnya kami akan analisis lebih lanjut," ujar Ali kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat pagi (15/6).

Ali mengungkapkan, pihaknya telah melakukan permintaan keterangan terhadap puluhan ASN dan pejabat di lingkungan Kementan.

"Sehingga saat ini kami juga sudah miliki informasi dan data terkait perkara dimaksud," pungkas Ali.

Berdasarkan sumber Kantor Berita Politik RMOL, proses penyelidikan dugaan korupsi di Kementan ini telah berlangsung sejak awal Januari 2023, sebagai tindak lanjut laporan masyarakat.

Dalam laporan tersebut, terkait dengan perbuatan melawan hukum yang berkaitan dengan mutasi pegawai dan dugaan pemerasan kepada pejabat Kementan, yang nilainya mencapai puluhan miliar rupiah.

Pemerasan terkait mutasi pegawai dan pejabat di Kementan itu diduga dilakukan oleh SYL dan beberapa pejabat tinggi di Kementan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA