Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meta Blokir Akun dan Postingan Outlet Media Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 17 September 2024, 18:27 WIB
Meta Blokir Akun dan Postingan Outlet Media Rusia
Ilustrasi/Net
rmol news logo Raksasa teknologi Amerika Serikat Meta akan memblokir akun dan postingan milik sejumlah outlet media asal Rusia di platform Facebook, Instagram dan WhatsApp global.

Seorang juru bicara Meta mengatakan bahwa penutupan itu dilakukan guna mencegah Rusia menebarkan disinformasi dan mencampuri urusan negara lainnya.

"Setelah pertimbangan yang cermat, kami telah memperluas tindakan kami terhadap media pemerintah Rusia," ungkapnya kepada AFP pada Selasa (17/9).

Outlet media Rusia seperti Rossiya Segodnya, RT, dan entitas terkait saat ini telah dilarang menggunakan platform Meta secara global.

Keputusan ini menyusul pernyataan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada hari Jumat (13/9) yang menyebut outlet media pemerintah Rusia "RT" terlibat dalam aktivitas propaganda dan melabelinya sebagai "cabang" intelijen Rusia.

"Kami tahu bahwa RT memiliki kemampuan siber dan telah terlibat dalam operasi pengaruh media rahasia dan pengadaan peralatan militer," kata Blinken, menyoroti aktivitas media itu di Moldova.

Pernyataan Blinken muncul setelah AS mengungkapkan serangkaian tindakan hukum dan sanksi yang menargetkan RT, sebagai tanggapan atas dugaan campur tangan dalam pemilihan presiden AS.

Departemen Luar Negeri AS juga memberlakukan pembatasan visa pada grup media tempat RT bernaung, Rossiya Segodnya, bersama perusahaan afiliasi lainnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA