Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PPIH Semprot Maskapai Gegara Banyak Penerbangan Delay

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 28 Juni 2024, 19:52 WIB
PPIH Semprot Maskapai Gegara Banyak Penerbangan <i>Delay</i>
Jemaah haji asal Indonesia saat menunggu penerbangan di Arab Saudi/Kemenag
rmol news logo Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mengakui banyak keterlambatan jadwal penerbangan jemaah haji yang hendak pulang ke Tanah Air.

Ketua PPIH Arab Saudi, Nasrullah Jasam mengklaim, kasus ini terjadi karena pihak maskapai jasa penerbangan sering delay.

"Kepada maskapai, baik Garuda maupun Saudia agar kooperatif dan hadir di tengah-tengah jemaah ketika ada delay. Karena ketika ada delay, tentu yang bisa menjelaskan secara spesifik pihak penerbangan, bukan PPIH," tutur Nasrullah dikutip pada Jumat (28/6).

Tak hanya itu, maskapai penerbangan juga diminta menginformasikan lebih awal jika ada keterlambatan atau perubahan jadwal penerbangan.

"Kalau (delay) alasan keamanan, kami bisa terima tetapi diinfokan jauh-jauh hari sebelumnya, atau jauh sebelum take off karena delay itu dampaknya bukan hanya keselamatan, tapi layanan lainnya," lanjutnya.

Jemaah haji Indonesia mulai dipulangkan dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah dan Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah sejak 22 Juni 2024.

Hingga Kamis (27/6), sudah ada 111 kelompok terbang (kloter) dengan 43.000 jemaah kembali ke Tanah Air usai menyelesaikan puncak ibadah haji. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA