Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Semenanjung Korea Memanas, Presiden Korsel Ganti Menlu dan Kepala Intelijen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 20 Desember 2023, 12:45 WIB
Semenanjung Korea Memanas, Presiden Korsel Ganti Menlu dan Kepala Intelijen
Kepala Badan Intelijen Nasional Korea Selatan, Cho Tae-yong dan Menteri Luar Negeri Cho Tae-yul yang ditunjuk Presiden Yoon Suk-yeol pada Selasa, 19 Desember 2023/Net
rmol news logo Di tengah ketegangan yang meningkat dengan Korea Utara, Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol mengganti menteri luar negeri dan kepala intelijen nasionalnya pada Selasa (19/12).

Menurut laporan kantor Kepresidenan Korea, Yoon telah menunjuk mantan Wakil Menteri Luar Negeri Cho Tae-yul sebagai Menlu baru, dan Penasihat Keamanan Nasional, Cho Tae-yong sebagai Kepala Intelijen yang baru.

Cho Tae-yul yang pernah menjadi Duta Besar Korea untuk PBB itu merasa kenaikan jabatannya sebagai Menlu baru merupakan tanggung jawab yang cukup berat.

Pasalnya, kata Cho, saat ini Korea Selatan dihadapkan pada konflik di Semenanjung Korea yang tidak kunjung reda. Belum lagi perubahan geopolitik yang besar akibat persaingan China dan AS di Perang Ukraina.

“Saya akan melakukan upaya maksimal untuk memperkuat fondasi keamanan dan kemakmuran nasional,” tegasnya, seperti dimuat Reuters.

Sementara itu, Kepala Badan Intelijen yang baru, Cho Tae-yong berjanji untuk menyajikan informasi yang akurat dan tepat waktu untuk membantu negara mengambil keputusan yang tepat.

Majelis Nasional akan menyelenggarakan dengar pendapat konfirmasi mengenai pencalonan tersebut, meskipun presiden dapat secara efektif melakukan penunjukan karena persetujuan parlemen untuk posisi menteri tidak bersifat wajib. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA