Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jurnalis Hong Kong Menghilang Usai Hadiri Forum di China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 08 Desember 2023, 12:16 WIB
Jurnalis Hong Kong Menghilang Usai Hadiri Forum di China
Minnie Chan/Net
rmol news logo Seorang jurnalis asal Hong Kong dikabarkan menghilang usai menghadiri sebuah forum di China daratan.

Ia adalah Minnie Chan, seorang reporter dari South China Morning Post (SCMP). Chan tidak ada kabar sejak menghadiri Forum Xiangshan di Beijing pada Oktober lalu.

Menurut laporan Kyodo News pada pekan lalu, Chan merilis beberapa artikel terjadi forum tersebut, terakhir pada 2 November.

Ia terakhir kali mengunggah di X pada 20 Oktober. Sementara halaman Facebook pribadinya menunjukkan foto-foto yang diunggah pada 11 November. Kendati begitu, komentar seorang temannya menyebut unggahan tersebut bukan dilakukan oleh Chan.

Kyodo News melaporkan, kerabat Chan khawatir jika dia sedang diselidiki. Sementara pihak SCMP menyebut Chan telah mengambil cuti pribadi.

Mengutip keterangan keluarga, SCMP mengatakan Chan dalam keadaan aman.

“Keselamatan jurnalis kami dalam menjalankan pekerjaan profesional mereka adalah hal yang paling penting bagi South China Morning Post. Ini selalu menjadi prinsip kami. Kami akan terus berkomunikasi dengan keluarga Minnie dan memberikan semua dukungan yang mereka perlukan. Operasional SCMP dan liputan beritanya tetap tidak terpengaruh," lanjut pernyataan SCMP.

Asosiasi Jurnalis Hong Kong telah menyatakan keprihatinan atas laporan menghilangnya Chan.

"Asosiasi Jurnalis Hong Kong sangat prihatin atas keselamatan Minnie dan meminta lebih banyak informasi dari SCMP," kata pihak asosiasi.

Chan telah bekerja untuk SCMP selama 18 tahun, setelah bekerja di Apple Daily yang terpaksa ditutup setelah tindakan keras pemerintah Hong Kong, dan stasiun TV Satelit Phoenix China.

SCMP merupakan media yang dimiliki oleh perusahaan China, Alibaba Holdings. Ini adalah surat kabar berbahasa Inggris terbesar di Hong Kong. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA