Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Roket Korut Meledak Setelah Sukses Meluncurkan Satelit Mata-mata

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 24 November 2023, 15:43 WIB
Roket Korut Meledak Setelah Sukses Meluncurkan Satelit Mata-mata
Peluncuran satelit mata-mata Malligyong-1 oleh Korea Utara/KCNA
rmol news logo Salah satu bagian roket Korea Utara yang meluncurkan satelit mata-mata terpisah dan meledak. Menurut para pakar, ledakan tersebut sengaja dilakukan oleh Pyongyang.

Video yang diambil oleh observatorium astronomi Korea Selatan merekam ledakan tersebut. Rekaman diambil dengan kamera yang digunakan oleh Universitas Yonsei Korea Selatan untuk mengamati meteor.

Para analis mengatakan gambar itu menunjukkan roket Chollima-1 melintasi langit, kemudian terpisah. Setelah itu roket meledak dalam sekejap.

"Mereka (Korea Utara) meledakkan propelan tahap pertama di udara," kata profesor astronomi di Universitas Yonsei, Byun Yong-Ik, seperti dikutip Reuters, Jumat (24/11).

Korea Utara meluncurkan satelit mata-mata pertamanya ke orbit pada Selasa (21/11), setelah dua upaya sebelumnya pada tahun ini berakhir dengan jatuhnya roket saat penerbangan.

"Langkah seperti ini tidak terlihat pada upaya peluncuran sebelumnya, dan ini bisa jadi merupakan upaya untuk mencegah pihak berwenang Korea Selatan dan AS mengambil propelan karena dilengkapi dengan mesin baru," lanjut Byun.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Korea Selatan pada Kamis (23/11) mengatakan pihaknya sedang berusaha menemukan dan menyelamatkan puing-puing dari roket tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA