Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jepang Mulai Buang Air Limbah Fukushima Tahap Ketiga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 02 November 2023, 14:58 WIB
Jepang Mulai Buang Air Limbah Fukushima Tahap Ketiga
PLTN Fukushima/Net
rmol news logo Jepang mulai melepaskan tahap ketiga air limbah terkontaminasi radioaktif dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima yang terkena dampak.

Perusahaan Listrik Tokyo (Tepco) mengatakan pihaknya mulai melepaskan 7.800 ton air terkontaminasi pada Kamis (2/11). Diperkirakan dibutuhkan waktu sekitar 17 hari untuk menyelesaikan tahap ketiga.

Jepang sudah membuang air limbah terkontaminasi tahap pertama pada 24 Agustus. Pada tahap pertama, sekitar 7.800 ton air dibuang ke Pasifik dari total rencana 1,34 juta ton, cukup untuk mengisi lebih dari 500 kolam renang Olimpiade.

Kemudian tahap kedua dimulai pada 5 Oktober.

Tepco mengatakan bahwa air telah disaring dari semua unsur radioaktif kecuali tritium, yang berada dalam tingkat aman. Pandangan itu didukung oleh badan atom PBB, IAEA.

Pelepasan air limbah, yang diperkirakan akan memakan waktu puluhan tahun untuk diselesaikan, bertujuan untuk memberikan ruang untuk mulai menghilangkan bahan bakar radioaktif dan puing-puing yang sangat berbahaya dari reaktor yang rusak akibat gempa dan tsunami pada tahun 2011. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA