Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bendungan Ghana Meluap, 4.000 Warga Terpaksa Mengungsi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 14 Oktober 2023, 08:55 WIB
Bendungan Ghana Meluap, 4.000 Warga Terpaksa Mengungsi
Warga di sepanjang sungai Volta, Ghana pergi mengevakuasi diri dari banjir akibat luapan Bendungan Akosombo pada Jumat, 13 Oktober 2023/Net
rmol news logo Lebih dari 4.000 penduduk di wilayah Ghana terpaksa meninggalkan rumah mereka akibat bencana banjir yang terus meluap.

Mengutip African News pada Sabtu (14/5), banjir disebabkan oleh meluapnya Bendungan Akosombo, yang mengakibatkan kerusakan parah pada rumah-rumah dan lahan pertanian di sepanjang tepian Sungai Volta.

Pemerintah Ghana dalam sebuah pernyataan pada Jumat (13/10) mengonfirmasi bahwa ribuan orang di sembilan distrik telah mengungsi sebagai akibat langsung dari banjir tersebut.

"Banjir telah menyebabkan terganggunya layanan-layanan penting, menyebabkan beberapa daerah tidak mempunyai akses terhadap air dan listrik," bunyi pernyataan pemerintah.

Menurut laporan Global Disaster and Coordination System PBB, tujuh orang terluka akibat bencana banjir.

Sebelum banjir terjadi, Otoritas Sungai Volta mengaku telah mengeluarkan imbauan agar warga segera pindah ke tempat yang lebih tinggi.

Peringatan dikeluarkan setelah permukaan air di bagian hulu Bendungan Akosombo terus naik disebabkan oleh curah hujan yang tinggi di wilayah tersebut. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA