Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Erdogan Resmikan Gereja Pertama yang Dibangun Pemerintah Turkiye

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 09 Oktober 2023, 18:03 WIB
Erdogan Resmikan Gereja Pertama yang Dibangun Pemerintah Turkiye
Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan saat meresmikan pembukaan Gereja Ortodoks Suriah Mor Ephrem pada Minggu, 8 Oktober 2023/Net
rmol news logo Untuk pertama kalinya dalam sejarah 100 tahun Turkiye, Presiden Recep Tayyip Erdogan meresmikan sebuah gereja pertama yang dibangun dengan dukungan pemerintah, pada Minggu (8/10).

Sebagai negara yang berpenduduk mayoritas Muslim, pembukaan Gereja Ortodoks Suriah Mor Ephrem ini merupakan momen penting yang menandai perubahan budaya dan politik di Turkiye.

Mengutip Turkish Minute, Senin (9/10) Erdogan telah meletakkan batu pertama pembangunan gereja untuk umat Kristen Asyur yang berjumlah 17.000 orang di Istanbul itu sejak 2019 lalu.

Kini saat pembukaan tersebut, Erdogan berkomitmen untuk terus menyatakan solidaritasnya kepada seluruh masyarakat Turkiye.

“Kita melihat masalah-masalah besar saat ini di banyak belahan dunia. Tetapi solidaritas yang ditunjukkan di sini hari ini menurut saya ini sangat penting. Kami selalu melindungi yang tertindas dari penindas. Itu adalah tugas kami," kata Erdogan.

Selama dua dekade menjabat, Erdogan sebelumnya telah menuai kecaman luas karena pemerintahannya telah  mengubah gereja-gereja kuno menjadi masjid dan menjadikan konservatisme Islam sebagai kekuatan sosial terkemuka.

Namun, dia selalu membantah bahwa pihaknya hanya memulihkan hak-hak umat Islam yang di republik sekuler yang didirikan oleh Field Marshal Mustafa Kemal Ataturk pada 1923 lalu itu.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA