Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Inflasi Turkiye Hampir Tembus 65 Persen pada Desember 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 04 Januari 2024, 12:08 WIB
Inflasi Turkiye Hampir Tembus 65 Persen pada Desember 2023
Representative Image/Net
rmol news logo Inflasi di Turkiye tercatat tembus ke angka 64,8 persen (yoy) pada Desember 2023. Angka itu merupakan yang tertinggi sejak 2022, dan naik secara signifikan dari inflasi sebesar 62 persen (yoy) pada November 2023.

Meski melonjak, inflasi itu disebut masih berada di bawah prediksi para ekonom yang memperkirakan inflasi Turkiye sebesar 65,1 persen.

Di sisi lain, inflasi bulanan negara itu mengalami penurunan  dari 3,3 persen menjadi 2,9 persen pada akhir tahun 2023.

Diperkirakan bahwa kondisi inflasi di Turkiye masih akan terus meningkat pada bulan-bulan mendatang, di tengah sebagian besar negara besar lainnya mengalami penurunan inflasi.

Sebagai catatan, puncak inflasi di Turkiye terjadi pada November 2022 lalu, yang mencapai angka mencengangkan sebesar 85,5 persen.

Hal itu berdampak signifikan terhadap pelemahan mata uang Lira, kenaikan biaya impor, dan pengurangan gaji pekerja asing yang mengirim uang ke luar negeri.

Kondisi tersebut terjadi karena pada Juni 2022, bank sentral memutuskan untuk menaikkan suku bunga menjadi 43,5 persen dari 8,5 persen setelah sebelumnya menerapkan kebijakan bunga rendah.  

Keputusan ekstrem tersebut, yang dipimpin oleh Gubernur Bank Sentral Turki Hafize Gaye Erkan telah mengubah paradigma dan langsung memicu lonjakan inflasi.

Pada rapat bank sentral terakhir di Desember 2023, bank sentral juga memutuskan untuk kembali menaikkan suku bunga sebesar 250 basis poin, atau lebih kecil dari kenaikan sebelumnya sebesar 500 basis poin.

Selain itu, Ekonom Capital Economic Nicholas Farr juga memperkirakan Turkiye akan kembali menaikkan suku bunga sekali lagi sebesar 250 basis poin pada pertemuan 25 Januari 2024 nanti. Hal tersebut diperkirakan akan kembali memicu kenaikan inflasi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA