Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Azerbaijan Tangkap Mantan Kepala Pemda Nagorno-Karabakh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 27 September 2023, 21:44 WIB
Azerbaijan Tangkap Mantan Kepala Pemda Nagorno-Karabakh
Mantan Kepala Pemerintah Daerah Nagorno-Karabakh, Ruben Vardanyan/Net
rmol news logo Pihak berwenang Azerbaijan meringkus mantan kepala pemerintahan daerah Nagorno-Karabakh, ketika ia mencoba menyeberang ke Armenia pada Rabu (27/9).

Menurut keterangan dari dinas penjaga perbatasan Azerbaijan, pihaknya melakukan penangkapan kepada Ruben Vardanyan, seorang pengusaha miliarder yang memiliki bank investasi besar di Rusia, dan menjabat sebagai kepala pemerintah daerah pada 2022 lalu.

"Kepala pemerintahan separatis Nagorno-Karabakh telah ditangkap saat dia sedang mencoba menyeberang ke Armenia bersama pengungsi lain," bunyi pernyataan dari lembaga tersebut.

Seperti dimuat Times Colonist, penangkapan itu dianggap telah mencerminkan niat Azerbaijan untuk dengan cepat menegakkan cengkeramannya di seluruh wilayah tersebut, setelah operasi militernya telah menyebabkan eksodus puluhan ribu etnis Armenia.

Berdasarkan catatan dari pihak berwenang Armenia, per Rabu ini, sekitar 42.500 orang, atau sekitar 35 persen dari populasi etnis Armenia di Nagorno-Karabakh, telah berangkat ke negaranya.

Nagorno-Karabakh sendiri merupakan wilayah yang disengketakan, kawasan itu diakui masyarakat internasional sebagai wilayah Azerbaijan, namun wilayah itu berada di bawah kendali pasukan etnis Armenia, yang menyebabkan pertempuran sengit sejak 1980-an lalu.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA