Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korea Selatan Alokasikan Dana Rp 245 Miliar untuk Implementasi AOIP

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 06 September 2023, 16:07 WIB
Korea Selatan Alokasikan Dana Rp 245 Miliar untuk Implementasi AOIP
Presiden Yoon Suk-Yeol di KTT ke-24 ASEAN-Korea Selatan yang digelar di ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center (JCC), pada Rabu, 6 September 2023/Ist
rmol news logo Komitmen Korea Selatan untuk mendukung ASEAN Outlook on The Indo-Pacific (AOIP) dibuktikan dengan rencananya mengalokasikan dana senilai 16 juta dolar AS atau Rp 245 miliar untuk implementasi program tersebut.

Rencana itu diungkap oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam sebuah pernyataan yang diterima Kantor Berita Politik RMOL pada Rabu (6/9).

Menlu Retno mengungkap bahwa komitmen itu dihasilkan selama KTT ke-24 ASEAN-Korea Selatan yang digelar di ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center (JCC).

"Republik Korea mengumumkan kontribusi 16 juta dolar AS untuk implementasi AOIP," kata Retno

Selain itu, KTT juga mengadopsi satu dokumen yang mencerminkan dukungan Korea Selatan dan ASEAN untuk stabilitas dan kemakmuran kawasan Indo-Pasifik.

"ASEAN-ROK mengadopsi satu dokumen, Joint Statement of the 24th ASEAN-Republic of Korea Summit on Cooperation on the ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP)," ungkapnya.

Pembahasan tidak hanya seputar AOIP, menurut pernyataan Menlu, para pemimpin ASEAN dan Presiden Yoon Suk-Yeol juga membahas kerja sama terutama di sektor emerging economy, seperti fintech, digital economy, dan startup ecosystem.

Untuk itu Korea berencana meningkatkan kapasitas kerja sama ASEAN-Korea di bidang artificial intelligence senilai 30 juta dolar AS atau Rp 459 miliar. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA