Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mnangagwa Menang Pilpres, Oposisi Zimbabwe Meradang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 28 Agustus 2023, 11:06 WIB
Mnangagwa Menang Pilpres, Oposisi Zimbabwe Meradang
Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa/Net
rmol news logo Komisi pemilu Zimbabwe mengumumkan bahwa Emmerson Mnangagwa memenangkan pemilihan presiden. Itu berarti ia kembali terpilih untuk masa jabatan kedua.

Mnangagwa memperoleh 52,6 persen suara berdasarkan hasil penghitungan suara, sedangkan saingan utamanya Nelson Chamisa menyabet 44 persen.

Chamisa, pemimpin Partai Koalisi Warga untuk Perubahan yang merupakan oposisi di negara itu, mengatakan di media sosial X bahwa  pihaknya tidak akan mengakui "hasil apa pun yang dicapai secara tergesa-gesa tanpa verifikasi yang tepat," seperti dikutip dari DW.

Pemilu ini dipandang sebagai pemungutan suara yang berisiko tinggi, karena negara di Afrika bagian selatan itu telah menderita akibat inflasi yang tidak terkendali selama bertahun-tahun, depresiasi mata uang yang tajam, dan krisis pengangguran.

Pada tanggal 23 Agustus, pemilihan presiden dan parlemen diadakan di negara tersebut. Kemudian pemungutan suara diperpanjang satu hari karena adanya pelanggaran prosedur yang tercatat di sejumlah TPS.

Sebelas kandidat bersaing untuk menjadi presiden Zimbabwe, termasuk kepala negara saat ini, Mnangagwa.

Chamisa, pemimpin partai oposisi Koalisi Warga untuk Perubahan, adalah pesaing utamanya.

Dalam pemilu sebelumnya, pada 2018, yang dimenangkan Mnangagwa, Chamisa juga mengatakan hal yang sama bahwa kemenangan Mnangagwa tidak sah. Ia dan Mnangagwa bertengkar hebat. Pihak oposisi mengklaim pada saat pemungutan suara tersebut ada kecurangan, namun hasilnya dikuatkan oleh mahkamah konstitusi.

Mnangagwa yang berusia 80 tahun dijuluki "buaya" karena kekejamannya. Dia mengambil alih kendali negara ketika pendahulunya, Robert Mugabe, digulingkan dalam kudeta militer pada tahun 2017. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA