Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lithuania Tutup Perbatasan, AS Desak Warga Segera Tinggalkan Belarusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 22 Agustus 2023, 06:43 WIB
Lithuania Tutup Perbatasan, AS Desak Warga Segera Tinggalkan Belarusia
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pemerintah Amerika Serikat telah meminta warganya untuk segera meninggalkan Belarusia menyusul penutupan dua dari enam penyeberangan perbatasan oleh Lithuania di tengah meningkatnya ketegangan di wilayah tersebut.

Selain meminta warganya pergi, AS dalam pengumumannya pada Senin (21/8) juga mendesak mereka untuk tidak melakukan perjalanan ke Belarusia.

“Jangan bepergian ke Belarusia karena otoritas Belarusia terus memfasilitasi serangan Rusia yang tidak beralasan ke Ukraina, penumpukan pasukan militer Rusia di Belarusia, penegakan hukum setempat yang sewenang-wenang, potensi kerusuhan sipil, risiko penahanan, dan kemampuan kedutaan terbatas untuk membantu warga AS yang tinggal atau bepergian ke Belarusia,” demikian pernyataan Kedutaan Besar AS di Minsk, seperti dikutip dari AFP, Selasa (22/8).

Dalam pengumumannya Washington mendesak warganya menggunakan penyeberangan perbatasan dengan Lithuania dan Latvia, atau dengan pesawat.

“Warga AS tidak diizinkan memasuki Polandia melalui darat dari Belarusia. Jangan bepergian ke Rusia atau ke Ukraina,” kata pernyataan itu lebih lanjut.

"Pemerintah Polandia, Lithuania, dan Latvia telah mengisyaratkan penutupan lebih lanjut dari penyeberangan perbatasan dengan Belarusia," tambahnya.

Ketegangan antara Belarusia, sekutu Rusia, dan Polandia, Lituania, dan Latvia telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir, terutama karena kehadiran kelompok paramiliter Wagner, yang berlindung di Belarusia setelah pemberontakan singkatnya melawan Moskow pada Juni. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA