Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meski Sepakat Kerja Sama, Xi Jinping Ogah Diintervensi AS Atasi Perubahan Iklim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 20 Juli 2023, 14:35 WIB
Meski Sepakat Kerja Sama, Xi Jinping Ogah Diintervensi AS Atasi Perubahan Iklim
Presiden China, Xi JInping/Net
rmol news logo Masalah iklim akan diselesaikan China tanpa ada intervensi dari negara lain, termasuk Amerika Serikat.

Hal tersebut ditegaskan Presiden China, Xi Jinping dalam pidatonya kepada pejabat lingkungan di Beijing. Pidato tersebut juga disampaikan setelah adanya kesepakatan antara Beijing dan Washington untuk memulai kembali pembicaraan masalah iklim global.

Meski tidak bertemu langsung dengan utusan iklim AS, John Kerry, Xi Jinping menegaskan bahwa China tetap pada posisinya untuk mencapai puncak emisi karbon sebelum tahun 2030 dan netral karbon di tahun 2060.

“Dalam mencapai tujuan itu, jalur dan sarana serta tempo dan intensitasnya harus ditentukan oleh diri kita sendiri, dan tidak boleh berada di bawah pengaruh orang lain," tegas Xi Jinping dikutip dari Telegraph, Kamis (20/7).

Sementara dalam kunjungan selama empat hari di Beijing, Kerry menilai Washington dan Beijing perlu bekerja sama memerangi perubahan iklim sebagai ancaman bencana global. Mengingat kedua negara merupakan penghasil emisi terbesar di dunia.

Kerry merupakan salah satu pejabat administrasi pemerintahan Biden yang diutus melakukan perjalanan ke Beijing dalam upaya menstabilkan hubungan China-AS.

Kedua negara memang mengalami ketegangan selama berbulan-bulan hingga memicu hubungan AS-China berada di titik terendah dalam beberapa dekade.rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA