Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dilarang di 100 Negara, Ini Bahaya Amunisi Tandan yang akan Dikirim AS ke Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 08 Juli 2023, 08:57 WIB
rmol news logo Pemerintah Amerika Serikat telah mengumumkan bahwa mereka memenuhi permintaan Ukraina untuk memasok munisi tandan yang kontroversial.

Langkah ini kemungkinan akan menuai kecaman keras dari kelompok hak asasi manusia karena senjata tersebut sangat berbahaya dan dilarang oleh lebih dari 100 negara.

Menurut BBC, munisi tandan adalah metode untuk menyebarkan sejumlah besar bom kecil dari roket, misil, atau peluru artileri yang menyebarkannya di tengah penerbangan di area yang luas.

Tidak semua bom tandan langsung meledak jika terkena benturan, ini terjadi terutama jika mendarat di tanah basah atau lunak. Mereka kemudian dapat meledak di kemudian hari saat diambil atau diinjak, membunuh atau melukai korban. Persis seperti ranjau darat.

Dari perspektif militer, amunisi ini bisa sangat efektif ketika digunakan melawan pasukan darat dan sangat berbahaya untuk dipindahkan, sehingga area tempat ia jatuh harus dibersihkan dengan hati-hati.

Disebutkan dalam catatan hukum internasional di PBB bahwa amunisi ini dapat menyebabkan kerusakan luas dan jangka panjang.

Lebih dari 100 negara, termasuk Inggris, Prancis, dan Jerman, telah menandatangani perjanjian internasional - Konvensi Munisi Tandan - yang melarang penggunaan atau penimbunan senjata ini karena efeknya yang membabi buta terhadap penduduk sipil.

Anak-anak sangat rentan terhadap cedera karena bom tersebut dapat menyerupai mainan kecil yang ditinggalkan di area pemukiman atau lahan pertanian dan sering diambil karena penasaran.

Kelompok hak asasi manusia menggambarkan munisi tandan sebagai kejahatan perang. Baik Rusia maupun Ukraina telah menggunakan munisi tandan sejak dimulainya invasi besar-besaran Rusia pada Februari 2022.

Munisi tandan Rusia dilaporkan memiliki "tingkat tak berguna" sebesar 40 persen, yang berarti sebagian besar bom yang disebarkan tetap menjadi bahaya di darat.

Pentagon memperkirakan bom clusternya sendiri memiliki tingkat tak berguna kurang dari 3 persen.

Dengan tidak adanya peluru artileri yang cukup, Ukraina telah meminta AS untuk mengisi kembali persediaan amunisi tandannya untuk menargetkan infanteri Rusia yang menjaga semua parit pertahanan itu.

Ini bukanlah keputusan yang mudah bagi Washington, dan sangat tidak disukai oleh banyak pendukung Demokrat dan hak asasi manusia. Perdebatan telah berlangsung setidaknya selama enam bulan.

Koalisi Munisi Tandan mengatakan bom tandan telah digunakan sejak Perang Dunia II dan dalam lebih dari tiga lusin konflik sejak itu. AS terakhir menggunakan senjata amunisi tandan ini di Irak dari 2003 hingga 2006. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA