Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lima Perempuan dan Dua Anak Tewas dalam Serangan Mengerikan di Kivu Utara Kongo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 07 Juli 2023, 00:50 WIB
Lima Perempuan dan Dua Anak Tewas dalam Serangan Mengerikan di Kivu Utara Kongo
Ilustrasi/Net
rmol news logo Serangan kelompok bersenjata kembali dilancarkan terhadap warga sipil di sebuah desa di Provinsi Kivu Utara, Republik Demokratik Kongo (DRC).

Mengutip African News pada Kamis (6/7), tercatat delapan warga tewas dalam sebuah serangan di Desa Bungushu pada Rabu (5/6).

Seorang anggota Palang Merah setempat yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan bahwa korban tewas terdiri dari lima perempuan dan dua anak serta satu laki-laki.

"Setidaknya empat dari mereka dibunuh dengan kapak. Sementara empat lainnya ditemukan di toilet (lubang jamban)," ujarnya.

Pelaku serangan masih belum dapat dipastikan. Tetapi seorang saksi anonim menyebut Pemberontak M23 (Gerakan 23 Maret, kelompok bersenjata Tutsi) diduga kuat terlibat, karena belakangan kerap melancarkan aksinya di provinsi tersebut.

Pemberontakan M23 kembali mengangkat senjata pada akhir tahun 2021 dan merebut sebagian besar wilayah di Kivu Utara yang berbatasan dengan Rwanda dan Uganda.  

Sejak awal, Kongo menuduh Rwanda mempersenjatai pemberontakan M23. Sebuah tuduhan yang dibantah keras oleh Kigali.  

Menurut laporan PBB, M23 telah membunuh lebih dari 170 warga sipil sejak akhir tahun lalu di desa Kishishe, sekitar lima belas km sebelah utara Bungushu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA