Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Blinken di London, Menlu Turkiye Tegaskan Dukungan untuk Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 22 Juni 2023, 16:02 WIB
Bertemu Blinken di London, Menlu Turkiye Tegaskan Dukungan untuk Ukraina
Menteri Luar Negeri Antony Blinken saat bertemu dengan Menlu Turki, Hakan Fidan (kanan) di London, Inggris, pada 21 Juni 2023/Net
rmol news logo Pemerintah Turkiye kembali menegaskan dukungannya untuk Ukraina selama pertemuan Menteri Luar Negeri Hakan Fidan dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di London pada Rabu (21/6) waktu setempat.

Kedua diplomat bertemu untuk pertama kalinya di sela-sela Konferensi Pemulihan Ukraina yang digelar di hotel InterContinental London, Inggris.

Menurut sumber diplomatik Turki, keduanya membahas situasi terkini di Ukraina, perluasan NATO, dan normalisasi antara Azerbaijan dan Armenia dalam konteks perkembangan di wilayah Kaukasus Selatan.

Meskipun mengakui kedua negara mungkin tidak saling berhadapan dalam setiap masalah, Fidan mencatat bahwa aliansi lama AS dan Turkiye di dalam NATO dan platform lain memaksa mereka untuk terus bekerja sama.

Sementara itu, Blinken mengatakan dirinya senang bertemu dengan Fidan.

"Ada begitu banyak hal yang dilakukan AS dan Turkiye bersama dalam masalah yang paling penting dan vital," kata Blinken, memuji hubungan bilateral, seperti dikutip dari Daily Sabah, Kamis (22/6).

Bersamaan dengan hubungan bilateral, Kesepakatan Butir Laut Hitam, yang dilaksanakan atas prakarsa Turkiye, juga dibahas selama pembicaraan.

Selain bertemu Blinken, Fidan juga mengadakan pembicaraan terpisah dengan timpalannya Lars Lokke Rasmussen, dari Denmark, Antonio Tajani dari Italia, Annalena Baerbock dari Jerman, Alexander Schallenberg dari Austria, Catherine Colonna dari Prancis, Gordan Grlic Radman dari Kroasia, Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly, serta Menteri Pembangunan Internasional Kanada Harjit Sajjan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA