Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bersaing Ketat, Kilicdaroglu: Jika Harus Ada Putaran Kedua, Kami Pasti akan Menang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 15 Mei 2023, 07:26 WIB
Bersaing Ketat, Kilicdaroglu: Jika Harus Ada Putaran Kedua, Kami Pasti akan Menang
Kemal Kilicdaroglu/Net
rmol news logo Klaim para pengamat nampaknya akan menjadi kenyataan bahwa pemilihan presiden Turkiye akan berlanjut pada putaran kedua, setelah Recep Tayyip Erdogan dan singannya, Kemal Kilicdaroglu, sama-sama hanya meraih kurang dari 50 persen suara.

Setelah lebih dari 96 persen kotak suara dihitung, Erdogan memimpin dengan 49,44 persen suara dan Kilicdaroglu memiliki 44,86 persen, seperti dilaporkan Reuters, Senin (15/4).

“Meskipun belum ada data akhir yang tersedia, saya dapat mengatakan bahwa kami memimpin dengan margin yang jelas,” kata Erdogan dalam pidato Minggu malam di markas Partai Keadilan dan Pembangunan.

Erdogan juga mengatakan dia mengharapkan jumlah ini meningkat dengan hasil resmi.

"Kami yakin kami akan menang di putaran pertama," ujar Erdogan.

Kemal Kilicdaroglu telah berjanji bahwa jika pemilihan presiden harus melewti putaran kedua, maka ia akan menang pada pemilihan 28 Mei.

“Jika bangsa kita mengatakan putaran kedua, kita pasti akan memenangkan putaran kedua,” katanya kepada wartawan.

Selain memilih presiden, Turkiye juga memilih parlemen baru. Aliansi Rakyat yang terdiri dari AKP Erdogan yang berakar Islam dan MHP nasionalis, tampaknya bernasib lebih baik dari yang diharapkan dan menuju mayoritas.

Dengan 93 persen  suara dihitung, aliansi Erdogan bakal mendapatkan 324 kursi dari 600 kursi di parlemen. Aliansi Bangsa Kilicdaroglu yang terdiri dari enam partai oposisi, termasuk Partai Rakyat Republik (CHP) sekuler yang didirikan oleh Ataturk, tampaknya akan mendapatkan 211 kursi. Sementara Aliansi Buruh dan Kebebasan, yang dipimpin oleh partai Kiri Hijau pro-Kurdi, tampaknya meraih 65 kursi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA