Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wang Yi: China Berharap Jerman dapat Mendukung Reunifikasi Damai dengan Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 15 April 2023, 17:17 WIB
Wang Yi: China Berharap Jerman dapat Mendukung Reunifikasi Damai dengan Taiwan
Wang Yi/Net
rmol news logo Pemerintah China berharap agar Jerman dapat mendukung reunifikasi damai negaranya dengan Taiwan.

Hal tersebut disampaikan diplomat top China, Wang Yi, setelah Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mengeluarkan pernyataan bahwa mereka tidak dapat menerima jika China secara paksa mengendalikan Taiwan.

Dalam seruannya itu, Wang Yi mengatakan bahwa ia percaya dan yakin bahwa Jerman dapat mendukung reunifikasi, sama seperti mereka yang pernah mendukung reunifikasi Jerman di masa lalu.

“Untuk menjaga stabilitas di Selat Taiwan, kegiatan separatis terkait dengan kemerdekaan Taiwan perlu ditentang dengan tegas,” kata Wang, seraya menambahkan Taiwan adalah komponen penting dari tatanan internasional pasca-Perang Dunia II.

Dalam upayanya itu, Wang mengatakan, China bersedia memperkuat pertukaran dan komunikasinya dengan Jerman untuk meningkatkan saling pengertian dan mempersiapkan putaran baru konsultasi antar kedua negara, jika negara itu mendukung reunifikasi tersebut.

Seperti dimuat Straits Times, menanggapi komentar Baerbock yang sedang berkunjung ke China hingga Sabtu (15/4) ini, pemerintah Taiwan mengaku sangat menyetujui pernyataan Baerbock.

“Kementerian Luar Negeri berterima kasih kepada banyak pejabat tinggi di departemen eksekutif berbagai negara, termasuk Jerman, atas solidaritas mereka dengan Taiwan,” ujar pernyataan Taiwan yang menolak penyatuan kembali dengan China. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA