Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kebakaran Besar Menghanguskan Ratusan Hektar Lahan di Korea Selatan, 300 Orang Dievakuasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 11 April 2023, 14:22 WIB
Kebakaran Besar Menghanguskan Ratusan Hektar Lahan di Korea Selatan, 300 Orang Dievakuasi
Warga saat melihat bangunan yang hangus terbakar di Gangneung, Korea Selatan, pada Selasa, 11 April 2023/Reuters
rmol news logo Kebakaran besar yang dipicu angin kencang dan cuaca kering melanda pesisir timur Gangneung, Korea Selatan, pada Selasa (11/4) pagi waktu setempat.

Berdasarkan laporan yang dimuat The Straits Times, menurut para pejabat setempat, api diduga muncul dari angin kencang yang meniup sebuah pohon ke kabel listrik sehingga menyebabkan kobaran api yang dengan cepat menyambar di wilayah itu.

Sejauh ini belum ada laporan langsung terkait adanya korban jiwa. Namun, akibat kebakaran besar ini sedikitnya 300 orang telah dievakuasi ke tempat yang aman.

"Api telah menghabiskan lebih dari 170 hektar lahan dan mendorong evakuasi sekitar 300 penduduk di kota yang berpenduduk lebih dari 200.000 orang pada pukul 1 siang waktu setempat ini," kata pejabat di kota Gangneung.

Berdasarkan foto dan rekaman yang beredar di media sosial, kebakaran telah melahap habis hutan dan ladang di lokasi kejadian dengan upaya pemadaman sempat terhambat karena pesawat pengebom air tidak dapat lepas landas akibat angin kencang.

Menanggapi insiden tersebut, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol telah memerintahkan para pejabatnya untuk mengerahkan semua sumber daya yang tersedia untuk memadamkan api secepat mungkin dan mengevakuasi seluruh penduduk terdekat untuk meminimalisir korban jiwa. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA