Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Eropa Waspada, Flu Burung H5N1 Sudah Serang Mamalia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 08 Maret 2023, 17:00 WIB
Eropa Waspada, Flu Burung H5N1 Sudah Serang Mamalia
Rubah merah Prancis/Net
rmol news logo Penyebaran virus flu burung H5N1 yang sangat menular kembali mengkhawatirkan Eropa lantaran sudah mulai menjangkit hewan mamalia.

Organisasi Dunia untuk Kesehatan Hewan (WOAH) pada Rabu (8/3), melaporkan kematian tiga rubah merah di timur laut Prancis setelah tertedeksi mengidap flu burung.

Penularan disinyalir karena kandang rubah yang mati itu bersebelahan dengan tempat burung camar di cagar alam Meaux.

Bulan lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut wabah H5N1 semakin mengkhawatirkan karena terjadi peningkatan kasus pada burung dan mamalia baru-baru ini.

WHO juga tengah meninjau penilaian risiko global mengingat perkembangan terakhir yang melaporkan adanya kasus penularan kepada manusia di Kamboja.

Mengutip AFP, kasus mamalia sebelumnya terjadi di Prancis, ketika seekor kucing ditemukan terinveksi flu burung pada akhir Desember lalu.

Virus itu juga telah terdeteksi pada hewan mamalia cerpelai di Spanyol, rubah dan berang-berang di Inggris, singa laut di Peru, dan beruang grizzly di Amerika Serikat.

Flu burung telah menyebar ke seluruh dunia sejak tahun lalu dan membunuh lebih dari 200 juta burung, membuat harga telur meroket dan meningkatkan kekhawatiran tentang penularan kepada manusia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA