Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cari Dukungan Barat, Pasukan Kurdi Suriah Tangkap Ratusan Teroris ISIS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 09 Januari 2023, 18:33 WIB
Cari Dukungan Barat, Pasukan Kurdi Suriah Tangkap Ratusan Teroris ISIS
Personel tentara Kurdi Suriah/Net
rmol news logo Dalam sebuah operasi militer bernama Al Jazeera Thunderbolt, Pasukan Demokratik Suriah (SDF) pimpinan Kurdi mengklaim telah berhasil menangkap lebih dari 100 teroris ISIS dalam waktu delapan hari.

“Selama operasi penyisiran dan penggerebekan, pasukan kami menangkap 154 buronan teroris dan penjahat,” kata SDF dalam sebuah pernyataan, seperti dimuat The Defense Post pada Senin (9/1).

SDF merinci identitas para tersangka, di mana 102 orang merupakan anggota ISIS dan 27 lainnya diduga menyediakan pasokan logistik atau propaganda untuk menyukseskan misi mereka.

Gencarnya SDF dalam memburu para anggota ISIS disinyalir merupakan upaya mereka untuk menarik perhatian mitra Barat dan memperoleh perlindungan dari ancaman invasi Turki.

Otoritas SDF mengklaim keberhasilan itu diraih karena pihaknya telah bekerjasama dengan  pasukan koalisi pimpinan AS.

Operasi militer itu dilakukan setelah pasukan SDF berhasil menggagalkan upaya ISIS untuk membebaskan anggotanya dari penjara di Raqa pekan lalu.

Pembobolan penjara Raqa merupakan operasi ISIS paling signifikan di Suriah sejak sebelumnya berhasil membobol penjara Ghwayran di Hasakeh pada Januari lalu.

Lusinan militan yang dipenjara melarikan diri dan bentrokan berikutnya menewaskan ratusan orang.

Tiga dari tersangka yang ditahan dalam penyisiran minggu lalu terlibat dalam menyediakan bom dan peralatan lain untuk serangan Ghwayran.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA