Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Perpanjangan IUPK, Bahlil: Jangan Tanya Pemerintah Terus, Tanya Freeport Juga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 20 Agustus 2024, 11:51 WIB
Soal Perpanjangan IUPK, Bahlil: Jangan Tanya Pemerintah Terus, Tanya Freeport Juga
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia/RMOL
rmol news logo Negosiasi perpanjangan kontrak Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) PT Freeport Indonesia (PTFI) akan segera selesai. 
HUT 79 RI

Hal itu diungkap oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia seusai Serah Terima Jabatan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan Periode 2019-2024 di Jakarta, Senin (19/8).

Namun, Bahlil menyayangkan pihak Freeport yang ternyata belum bergerak cepat dalam menyiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan.

"IUPK PT Freeport sekarang sudah hampir selesai, tapi Freeportnya yang agak lambat," kata Bahlil, dikutip Selasa (20/8). 

Salah satu kendala utama dalam proses ini adalah Freeport belum sepenuhnya menyelesaikan berbagai persyaratan yang telah ditetapkan. Selain itu, negosiasi antara Freeport dan BUMN juga masih berlangsung dan belum mencapai titik final.

"Lambat dalam menyiapkan berbagai syarat yang menjadi negosiasi, termasuk negosiasi dengan BUMN belum selesai," ucap Bahlil, seraya menekankan bahwa keterlambatan bukan sepenuhnya dari pihak pemerintah. 

Mantan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) itu menuturkan pihak Freeport belum sepenuhnya memenuhi kewajiban. Sehingga menurutnya, alangkah baiknya jika segala pertanyaan terkait kelanjutan negosiasi ini diajukan juga kepada Freeport. 

"Jadi jangan tanya pemerintah terus, tanya Freeport juga," ucap Bahlil. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA