Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Luhut Klaim 25,2 Juta UMKM Sudah Masuk Ekosistem Digital di 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 27 Mei 2024, 13:06 WIB
Luhut Klaim 25,2 Juta UMKM Sudah Masuk Ekosistem Digital di 2023
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) sekaligus Ketua Tim Gernas BBI, Luhut Binsar Pandjaitan/Net
rmol news logo Sebanyak 25,2 juta UMKM tercatat telah masuk (onboarding) ke dalam ekosistem digital per 2023 dalam program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Laporan tersebut diungkapkan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) sekaligus Ketua Tim Gernas BBI, Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurut Luhut, angka itu hampir mencapai target, yaitu 30 juta UMKM yang akan dicapai pemerintah pada akhir 2024 ini.

"Masih ada target 4,8 juta UMKM (untuk bisa onboarding) yang perlu dicapai. Selain itu, kami juga terus mendorong agar target transaksi Rp50 miliar di tiap provinsi dapat dicapai," kata Luhut dalam acara "Harvesting Gernas BBI-BBWI 2024 Provinsi Sumsel" di Palembang, Minggu (26/5).

Dalam kesempatan tersebut, Luhut menyebutkan bahwa tingkat realisasi belanja Kementerian/Lembaga (K/L), Pemerintah Daerah (Pemda), serta BUMN terhadap produk dalam negeri (PDN) sudah meningkat hingga 80 persen menjadi Rp1.349,8 triliun pada 2023, dari hanya Rp749 triliun di tahun 2022.

Hal tersebut, kata Luhut, menunjukkan bahwa mayoritas kesadaran dan kepatuhan instansi untuk belanja PDN telah meningkat secara signifikan.

Untuk itu, Menko Marves itu kembali mengimbau kepada seluruh KL, Pemda, serta instansi pemerintah lainnya untuk terus menggencarkan belanja PDN, guna mencapai target belanja 95 persen pemerintah.

Dalam upaya menggencarkan target tersebut, Luhut menggarisbawahi pentingnya pelatihan promosi untuk UMKM dan pelaku wisata lokal serta terus mendorong inovasi produk dan digitalisasi UMKM.

Selain itu, hak kekayaan intelektual yang dimiliki oleh para pelaku UMKM, kata Luhut, juga perlu untuk terus dikawal.

"Tahun ini kita juga punya aplikasi Toms dari Telkom yang berfungsi untuk monitor capaian pelatihan dan transaksi belanja UMKM pada pelaksanaan Gernas BBI/PDN-Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI)," tuturnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA