Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Industri Tekstil dan Alas Kaki Makin Cetar di Kuartal I 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 15 Mei 2024, 17:23 WIB
Industri Tekstil dan Alas Kaki Makin Cetar di Kuartal I 2024
Ilustrasi/Net
rmol news logo   Industri Kulit, Barang dari Kulit, dan Alas Kaki serta Industri Tekstil dan Pakaian Jadi menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengatakan, di triwulan pertama 2024, Industri Kulit, Barang dari Kulit, dan Alas Kaki mencapai 5,90 persen (yoy). Sementara Industri Tekstil dan Pakaian Jadi mencapai 2,64 persen (yoy) pada periode tersebut (berdasarkan data BPS).

Kemenperin dalam pernyataannya pada Rabu (15/5) mengungkapkan bahwa peningkatan performa tersebut mengerek kontribusi industri pengolahan terhadap pertumbuhan ekonomi, yaitu sebesar 19,28 persen (yoy), atau naik dari periode yang sama di tahun 2023 yang mencapai 18,57 persen (yoy).

Direktur Industri Tekstil, Kulit, dan Alas Kaki (ITKAK) Kementerian Perindustrian, Adie Rochmanto Pandiangan, mengatakan hal ini menyiratkan bahwa industri pengolahan masih menjadi mesin penggerak utama perekonomian Indonesia.

Pertumbuhan positif Industri Tekstil, Pakaian Jadi, dan Alas Kaki disebabkan oleh permintaan luar negeri dan domestik yang masih kuat.

Pada triwulan I 2024, permintaan luar negeri untuk produk tekstil, pakaian jadi, dan alas kaki mengalami peningkatan volume. Untuk produksi tekstil sebesar 7,34 persen (yoy). Untuk pakaian jadi sebesar  3,08 persen (yoy) dan untuk alas kaki sebesar 12,56 persen (yoy).

Selain pesanan ekspor, stabilitas konsumsi rumah tangga domestik juga membantu mendorong pertumbuhan Industri Tekstil dan Pakaian Jadi, serta Industri Kulit, Barang dari Kulit, dan Alas Kaki, seiring dengan pelaksanaan Pemilu 2024, hari libur nasional, cuti bersama, serta momen Lebaran.

Pertumbuhan tersebut juga sejalan dengan Indeks Kepercayaan Industri (IKI) pada industri tekstil, industri pakaian jadi, serta industri kulit, barang dari kulit, dan alas kaki yang terus mengalami kenaikan.

Khusus untuk industri tekstil, pada April 2024 terjadi peningkatan hingga mencapai posisi ekspansi, pertama kali sejak IKI dirilis pada November 2022.

Sementara itu, industri pakaian terus ekspansi sejak November 2023 hingga sekarang, demikian juga untuk industri kulit, barang dari kulit, dan alas kaki yang mengalami ekspansi sejak Juli 2023. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA