Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Capai Rekor Tertinggi, Utang Global Tembus Rp4 Juta Triliun pada 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 23 Februari 2024, 15:30 WIB
Capai Rekor Tertinggi, Utang Global Tembus Rp4 Juta Triliun pada 2023
Ilustrasi/Net
rmol news logo Utang global dilaporkan telah tembus ke angka 313 triliun dolar, atau senilai Rp4.887.026 triliun pada tahun 2023.

Laporan tersebut diungkapkan asosiasi industri keuangan global, Institute of International Finance (IIF), dengan mengatakan utang itu telah mencapai rekor tertinggi baru.

Mengutip Reuters, Jumat (23/2), IIF mengatakan utang tersebut telah meningkat lebih dari 15 triliun dolar, atau senilai Rp234.120 triliun, dibandingkan kuartal terakhir di 2023.

Berdasarkan laporan IIF, sekitar 55 persen dari utang tersebut berasal dari Amerika Serikat, Prancis, dan Jerman.

Meski demikian, rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional di  beberapa negara maju terpantau telah menurun sebanyak 2 poin dengan persentase hampir 330 persen di 2023.

Hal tersebut menandakan adanya pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat dengan lebih cepatnya pertumbuhan PDB dibanding akumulasi utang baru.

Sementara itu, di beberapa negara berkembang lainnya, seperti India, China, Rusia, Malaysia, dan Afrika Selatan terdapat masalah, karena negara itu dilaporkan mengalami peningkatan rasio utang.

Sejumlah negara itu diketahui juga mengalami pertumbuhan ekonomi yang jauh lebih lambat dibanding tingkat utangnya.

Hal tersebut telah menambah panjang daftar tantangan utang global karena menurunnya kemampuan negara tersebut untuk membayar utang di masa depan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA