Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemendag Targetkan Surplus Perdagangan RI Capai Rp834 Triliun Tahun Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 21 Februari 2024, 21:33 WIB
Kemendag Targetkan Surplus Perdagangan RI Capai Rp834 Triliun Tahun Ini
Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga saat menyampaikan pemaparannya pada Raker Kemendag 2024, 21 Februari 2024/RMOL
rmol news logo Kementerian Perdagangan (Kemendag) menargetkan surplus perdagangan pada tahun ini bisa mencapai angka 31,6 miliar dolar (Rp494 triliun) sampai 53,4 miliar dolar (Rp834 triliun).

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam pernyataannya mengatakan target tersebut mengacu pada realisasi surplus perdagangan tahun 2023 yang hanya mencapai sebesar 36,93 miliar dolar, meski selama 42 bulan mengalami surplus.

“Jadi saya pikir ini sangat rasional kita mematok angka tersebut dengan asumsi kita mencapai angka lebih tinggi dari tahun lalu," jelas Jerry dalam Raker Kemendag 2024 di Hotel Padma Semarang, Jawa Tengah, Rabu (21/2).

Lebih lanjut, Wamendag itu menyatakan keyakinannya bahwa target tersebut dapat dicapai, dengan nilai ekspor yang diprediksi akan meningkat tahun ini, yang didorong oleh hilirisasi komoditas yang tengah digenjot pemerintah.

"Target ekspor kita kan kurang lebih 260 miliar dolar per tahun, saya yakin itu bisa meningkat berkali lipat karena kita sekarang kirim produk yang diolah dari hilirisasi," sambungnya.

"Itu saja sudah otomatis memastikan nilai kita akan lebih tinggi dan semakin berkontribusi terhadap neraca dagang yang surplus," tambahnya.

Adapun selama tahun 2023 ini, neraca perdagangan Indonesia tercatat surplus sebesar 36,93 miliar dolar, yang didukung oleh kenaikan volume ekspor 8,55 persen YoY dengan nilai mencapai 258,82 miliar dolar.

Sementara itu, impor Indonesia tercatat sebesar 221,89 miliar dolar, atau turun sekitar 6,55 persen YoY dibandingkan tahun 2022 lalu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA