Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BI Sebut Penyaluran Kredit Bank Turun pada Periode Oktober

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 21 November 2023, 15:51 WIB
BI Sebut Penyaluran Kredit Bank Turun pada Periode Oktober
Ilustrasi/Net
rmol news logo Penyaluran kredit baru oleh perbankan pada Oktober 2023 tercatat mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya.

Laporan tersebut dikeluarkan Bank Indonesia (BI), melalui indikasi dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru yang hanya mencapai sebesar 82,1 persen, lebih rendah dibanding SBT September, yang mencapai 92,6 persen.

"Faktor utama yang mempengaruhi penyaluran kredit baru tersebut antara lain permintaan pembiayaan dari nasabah, tingkat persaingan usaha dari bank lain, serta prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan," ujar Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan resmi, Senin (20/11).

Perlambatan penyaluran kredit baru diperkirakan terjadi pada seluruh kategori bank. Sedangkan berdasarkan jenis penggunaan, penyaluran kredit baru terindikasi melambat pada hampir seluruh jenis kredit, kecuali kredit konsumsi (KPR).

Meski demikian, penyaluran kredit diproyeksi akan kembali meningkat pada November ini dengan nilai SBT kredit baru diprediksi akan mencapai 92,9 persen. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA