Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wamenkeu RI Dorong Tiga Hal Penting untuk Transformasi Ekonomi Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 16 September 2023, 11:39 WIB
Wamenkeu RI Dorong Tiga Hal Penting untuk Transformasi Ekonomi Indonesia
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara saat mengisi Seminar Nasional Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) di Bengkulu pada Jumat, 15 September 2023/Youtube
rmol news logo Hadir sebagai panelis di Seminar Nasional Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) di Bengkulu pada Jumat (15/9), Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara memaparkan tiga hal penting yang perlu diperhatikan dalam upaya memajukan perekonomian Indonesia.

Hal pertama ialah hilirisasi. Menurutnya sumber daya alam adalah tonggak utama dalam transformasi ekonomi Indonesia.

Oleh sebab itu ia mendorong hilirisasi pada pengolahan sumber daya alam secara lebih lanjut di dalam negeri sehingga menciptakan nilai tambah.

"Ini sudah kita lakukan beberapa tahun terakhir, dan kita berharap kita teruskan ke depan. Kita ingin sarjana ekonomi semua satu pemikiran. Kita dorong hilirisasi,” ujar Wamenkeu.

Kedua, digitalisasi. Tidak sekadar perubahan manual ke elektronik, digitalisasi yang dimaksud Nazara adalah kemajuan pada kecerdasan buatan (AI).

"Masa depan kita digitalisasi, bahkan mengarah kepada intelegensia buatan, artinya dunia digital yang bisa memberi rekomendasi dan bisa berpikir sendiri,” kata Nazara.

Terakhir adalah sustainabilitas yang berkaitan dengan transformasi menuju ekonomi hijau Indonesia.

Wamenkeu mengatakan, Indonesia telah berkontribusi secara global mengurangi emisi CO2 dengan target pengurangan 29 persen hingga 31,89 persen dengan usaha sendiri, atau 41 persen bahkan hingga 43,2 persen melalui dukungan internasional.

"Untuk mendeliver itu kita akan melakukan semua yang diperlukan termasuk melakukan transisi energi,” tambahnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA