Country Manager
The Walt Disney Company Indonesia, Herry Salim mengatakan, perÂtumbuhan bisnis perusahaan selama ini tidak pernah surut. Pasar Indonesia setiap tahunnya pasti mengalami kenaikan.
"Kita bekerjasama karena kami melihat fans-fans kita masih menginginkan produk terbaik dari kita," tuturnya keÂpada
Rakyat Merdeka di Jakarta, kemarin.
Karakter dari produk yang khas dan tidak pernah tua diteÂlan waktu menjadi salah satu penyebab bisnis perusahaan selalu meningkat. Selain itu, kata dia, Disney memiliki berbagai macam produk, sehingga ketika ada produk yang stagnan atau menurun akan ditopang oleh produk lainnya.
Disney, kata dia, telah memiÂliki lebih dari 90 partner liÂsensi. Sejak 2015 hingga 2017 pertumbuhan bisnis Disney di Indonesia mencapai 200 persen. "Dua tahun terakhir bisnis kami di Indonesia berhasil tumbuh sangat tinggi maka bagi kami ini adalah indikator bahwa IndoneÂsia masih jadi prioritas kami," jelasnya.
Kenapa bisa naik tinggi? Menurut dia, karena produk Disney selalu memiliki segÂmen dan kelas tersendiri untuk seluruh produknya. Namun, produk Disney juga terancam oleh maraknya produk bajakan. Isu penurunan daya beli sendiri tidak begitu menjadi ancaman.
"Kami sudah bekerjasama dengan banyak pihak untuk mengurangi tingkat pembajakan dan sebisa kami akan menduÂkung program pemerintah untuk mengurangi pembajakan," kata Herry.
Terkait dengan pembangunan Disneyland, dia mengatakan, belum menjadi prioritas. PrioriÂtas perseroan mengembangkan fan base di Indonesia. "Jadi, misi kami yang paling penting adalah membesarkan fan base di indonesia. Kolaborasi dengan Matahari ini adalah untuk memÂberikan akses kepada orang-orang di seluruh indonesia untuk berinteraksi dengan produk kami," ujar Herry.
PT Matahari Department Store Tbk Merchandising, Marketing & Store Operation Director Christian Kurnia meyakini, poÂtensi dari kerja sama ini lumayan besar. "Sekarang ini kontribusi dari segmen anak-anak hingga remaja di gerai Matahari sangat besar," katanya.
Dia menjelaskan, untuk segÂmen youth boy telah berkontriÂbusi sebesar 12 persen dari total pendapatan. Segmen anak-anak juga berkontribusi sekitar 12 hingga 13 persen. "Kami akan menampilkan karakter yang sangat dikenal di Indonesia," tukasnya.
Kerja sama
The Walt Disney Company South Asia dengan PT Matahari Department Store Tbk berdurasi 4 tahun. Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan basis penggemar produk Disney di Indonesia.
Dalam kerja sama ini, Disney akan menghadirkan produk-produk seperti pakaÂian, mainan, dan aksesoris berÂtema karakter-karakter favorit seperti Disney, Marvel, dan Star Wars. Produk yang dipeÂruntukan bagi seluruh usia ini hanya akan tersedia ekslusif di gerai milik Matahari. ***
BERITA TERKAIT: