Dimensy.id
R17

India Matangkan Misi Laut Dalam Berawak Pertama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Jumat, 27 Desember 2024, 23:40 WIB
India Matangkan Misi Laut Dalam Berawak Pertama
Foto: Vietnam Times
rmol news logo Bila tidak ada aral melintang, pada tahun 2026 Institut Teknologi Kelautan Nasional (NIOT) akan mengirim kapal selam berawak Matsya ke kedalaman 6.000 meter di bawah Samudra Hindia.

Misi Samudrayaan yang akan diluncurkan dari Chennai ini melibatkan tiga awak kapal selam dipimpin pilot Ramesh Raju. 

Raju dan 10 ilmuwan lain dari NIOT telah menghabiskan tiga tahun untuk mempersiapkan Samudrayaan, dan bersiap untuk ujian lakmus mereka. Awal minggu depan, kendaraan seberat 28 ton itu akan diuji coba di pelabuhan lepas pantai Chennai dengan tiga awak di dalamnya.

“Jika ISRO bergerak di bidang luar angkasa, NIOT bergerak di bidang lautan,” kata Dr. Vedachalam N, Direktur Proyek Matsya 6000.

Misi Samudrayaan akan membuat India menjadi salah satu negara yang berhasil mengirim manusia ke kedalaman lebih dari 4.500 meter. Misi ini akan mengawali babak baru dalam eksplorasi mineral laut dalam dan penelitian ilmiah. Misi ini juga akan menguntungkan komunitas ilmiah India secara luas, mulai dari ahli biologi kelautan hingga ahli pertambangan, ahli oseanografer, bahkan ilmuwan iklim yang ingin mempelajari kedalaman Samudra Hindia yang belum dijelajahi.

“Faktanya kami adalah satu-satunya organisasi di negara ini yang dapat membuat kapal selam ini. Kami adalah satu-satunya bagian teknik dari Kementerian Ilmu Bumi. Jadi, jika bukan kami, lalu siapa yang dapat mengerahkan Samudrayaan?” kata Vedachalam.

Implikasinya sama besarnya dengan tekanannya. Namun, NIOT, yang telah membuat kapal selam selama tiga dekade, lebih dari siap untuk itu.

“Kami terbiasa menangani tekanan, saya dapat meyakinkan Anda, baik itu tekanan normal di sini atau tekanan hidrolik 6.000 meter di sana,” tambahnya seperti dikutip dari Vietnam Times.

Setiap sudut kampus NIOT seluas 50 hektar di Chennai ramai dengan diskusi tentang uji coba di pelabuhan yang akan datang. Dari kantor direktur lembaga hingga fasilitas integrasi tempat tiga tim berbeda bekerja sama untuk merakit kendaraan Matsya 6000. Yang lebih keras lagi adalah desiran mekanis dan dengungan berirama yang menyambut orang-orang yang melewati fasilitas integrasi kapan saja sepanjang hari.

"Uji coba di pelabuhan adalah tempat semuanya bersatu," kata Dr. Ramesh Sethuraman, kepala kelompok Teknologi Laut Dalam Kapal Selam NIOT yang memimpin misi Samudrayaan.

Sebelumnya dijadwalkan pada pertengahan Desember, siklon Fengal dan kondisi cuaca yang terjadi di Chennai menyulitkan para ilmuwan untuk menguji Matsya 6000 di pelabuhan. 

Namun kini, setelah mendapat persetujuan dari Departemen Meteorologi India (IMD), mereka akhirnya siap untuk menurunkan kapal selam itu ke perairan sedalam 15 meter di Teluk Benggala. Putaran pengujian pertama akan dilakukan tanpa awak, dan kemudian dengan awak. Jika semuanya berjalan lancar, tahun depan akan dilakukan pengujian di perairan sedalam 100 meter, 200 meter, dan 500 meter juga, semuanya di Teluk Benggala, sebelum misi tersebut dipindahkan ke wilayah Samudra Hindia Tengah yang telah ditentukan pada akhir tahun 2026.

“Kami telah membangun bagian-bagian terpisah dari kapal selam itu seperti baterai atau baling-baling atau sistem komunikasi dan mengujinya secara individual,” kata Sethuraman.

“Namun, uji pelabuhan akan menjadi kali pertama kami menguji kendaraan terpadu di air laut, dengan awak di dalamnya,” demikian katanya. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA