Dimensy.id
R17

Penelitian Apple Ungkap 2,6 Miliar Catatan Pribadi Disusupi Pelanggaran Data

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 11 Desember 2023, 11:19 WIB
Penelitian Apple Ungkap 2,6 Miliar Catatan Pribadi Disusupi Pelanggaran Data
Ilustrasi/Net
rmol news logo Keamanan data pribadi perlu terus ditingkatkan, sebab, menurut penelitian gabungan Apple dan Massachusetts Institute of Technology, lebih dari 2,6 miliar catatan pribadi telah disusupi oleh pelanggaran data dalam dua tahun terakhir.

Studi menyatakan, sekitar 1,1 miliar dan 1,5 miliar pelanggaran terjadi, masing-masing pada 2021 dan 2022, sehingga berkontribusi terhadap peningkatan tiga kali lipat insiden tersebut antara tahun 2013 dan tahun lalu.

"Di AS saja, jumlah pelanggaran data meningkat hampir seperlima dalam sembilan bulan pertama tahun 2023, dibandingkan keseluruhan tahun 2022," menurut penelitian tersebut, seperti dikutip dari The National, Senin (11/12).

Hal ini, kata mereka, menyoroti perlunya perlindungan yang lebih ketat, terutama enkripsi end-to-end, sebuah sistem di mana hanya mereka yang berkomunikasi satu sama lain yang dapat melihat pesan yang dikirim.

“Organisasi harus memikirkan kembali jumlah data yang mereka kumpulkan dan, khususnya, membatasi jumlah data konsumen tidak terenkripsi yang mereka simpan. Itu juga sebabnya, pada tahun lalu, platform teknologi dan pemain industri lainnya telah memperluas penggunaan enkripsi end-to-end mereka,” kata studi tersebut.

Enkripsi end-to-end atau E2EE menggunakan algoritma yang mengubah karakter teks standar menjadi format yang tidak dapat dibaca. Ia menggunakan kunci enkripsi untuk mengacak data sehingga hanya pengguna yang berwenang yang dapat membacanya.

Asal usul E2EE, demikian sebutannya, dimulai pada tahun 1970-an. Namun, mendapat perhatian dengan munculnya WhatsApp, yang disebut-sebut sebagai fitur privasi utama. Pada tahun 2014, Meta, yang saat itu dikenal sebagai Facebook, membeli WhatsApp seharga 19 miliar dolar AS.

Alasan paling jelas adalah menjamin keamanan dan privasi konten yang dibagikan antar pengguna. Namun hal ini tidak hanya terbatas pada pengguna biasa, bisnis juga dapat memperoleh manfaat besar dari E2EE, karena dapat melindungi data dan informasi sensitif, seperti dokumen keuangan dan hukum.

Studi Apple-MIT mencatat bahwa perusahaan teknologi semakin meningkatkan keamanan ekosistem mereka dengan meluncurkan beberapa fitur enkripsi.

Apple dan MIT dalam penelitiannya memperingatkan bahwa meskipun ada upaya untuk mengamankan data, perusahaan mungkin masih gagal, terutama karena pelaku kejahatan di web mampu menembus sistem keamanan yang paling kuat sekalipun.

“Tren terkini terus menunjukkan bahwa peretas yang kreatif menjadi lebih canggih dan agresif. Serangan Ransomware berada pada titik tertinggi sepanjang masa, dan geng ransomware semakin menargetkan organisasi yang menyimpan data pribadi paling sensitif,” katanya.

Jumlah serangan ransomware melonjak hampir 70 persen dalam tiga kuartal pertama tahun 2023, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, kata studi tersebut, mengutip data dari Corvus, yang berspesialisasi dalam asuransi siber.

“Pelaku kejahatan terus menghabiskan banyak waktu dan sumber daya untuk menemukan cara yang lebih kreatif dan efektif untuk mencuri data konsumen, dan kami tidak akan berhenti dalam upaya kami untuk menghentikannya,” kata Craig Federighi, wakil presiden senior bidang rekayasa perangkat lunak Apple dalam sebuah pernyataan.

“Seiring dengan meningkatnya ancaman terhadap data konsumen, kami akan terus mencari cara untuk melawan atas nama pengguna kami dengan menambahkan perlindungan yang lebih kuat," katanya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA