Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komunitas UGM Pelopori Polmas untuk Kawasan Pendidikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Sabtu, 29 Juni 2024, 18:03 WIB
Komunitas UGM Pelopori Polmas untuk Kawasan Pendidikan
Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan melakukan bakti sosial di area Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM)/Ist
rmol news logo Komunitas UGM Peduli bersama Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memelopori Pemolisian Masyarakat (Polmas) Kawasan  Pendidikan di DIY. Dengan Polmas Kawasan Pendidikan, pihaknya berharap bisa mampu menjaga lingkungannya agar terasa aman dan nyaman.

"Segala persoalan masyarakat yang muncul dalam kawasan tersebut dapat diselesaikan secara kekeluargaan, memberi motivasi, solusi dan saling menasehati untuk mencari pemecahan masalah yang ada," kata Kapolda DIY, Irjen Suwondo Nainggolan dalam keterangannya, Sabtu (29/6).

Menurut Kapolda, mahasiswa yang menjadi pelopor  kegiatan Polmas Kawasan Pendidikan akan memiliki rasa saling asah dan asuh ini yang dapat  ditularkan ke berbagai kampus di seluruh Indonesia.

Kegiatan Polmas Kawasan Pendidikan diisi dengan bersih danau, pelepasan ikan, jagongan serta Bakti Sosial di area Kampus. Dalam kesempatan itu, Kapolda DIY secara simbolis melepas ikan di danau Wisdom Park.

"Konsep dari Polmas Kawasan pendidikan, bukan untuk menjadikan Polri, namun masyarakat mampu menjadi polisi untuk dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya," kata Suwondo.

Langkah Polmas Kawasan Pendidikan, ungkapnya, merupakan langkah pencegahan agar tidak sampai terjadi konflik yang lebih luas sekaligus mencari solusinya. Dalam hal ini, polisi membangun budaya tertib merupakan edukasi.

"Konteks ini nguwongke manusia sebagai manusia sehingga terwujud rasa aman dan damai. Disini  kehadiran polisi menegakan hukum untuk menyelesaikan konflik secara beradab," kata Suwondo.

Penerapan Polmas Kawasan Pendidikan di lingkungan kampus-kampus guna meningkatkan kenyamanan dan keamanan merupakan ide dan gagasan yang patut ditiru dan diterapkan di semua lingkungan pendidikan. rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA