Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah Karhutla, Polres Semarang Ajak Organisasi Pecinta Alam Lakukan Patroli Terpadu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Selasa, 22 Agustus 2023, 06:56 WIB
Cegah Karhutla, Polres Semarang Ajak Organisasi Pecinta Alam Lakukan Patroli Terpadu
Patroli Terpadu Karhula Polres Semarang/RMOL
rmol news logo Polres Semarang melakukan berbagai upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), salah satunya melalui patroli hutan dengan merangkul organisasi pecinta alam.

Kapolres Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra menyatakan bahwa akhir-akhir ini memasuki musim kemarau, banyak kebakaran hutan dan lahan di wilayah Semarang, khususnya Kecamatan Bandungan.

"Tak henti saya menghimbau guna pencegahan terjadinya kebakaran. Seperti yang dilakukan Polsek Bandungan bersama instansi terkait dalam melakukan patroli hutan di sejumlah titik rawan kebakaran," kata Kapolres Semarang dikutip dari Kantor Berita RMOL Jateng, Senin (21/8).

Di kesempatan lain, Kapolsek Bandungan Iptu Jarot Drihandoko menyampaikan bahwa pihaknya mengajak Koramil Bandungan, Polhut, Pam Swakarsa Bima serta organisasi pecinta alam di tingkat perguruan tinggi dan SMA untuk melaksanakan patroli bersama di sejumlah titik di wilayah Bandungan.

"Di antaranya di lokasi wisata Candi Gedong Songo, lokasi perkemahan dan pendakian Prantuman dan wisata Umbul Sidomukti, Kecamatan Bandungan," ujar Iptu Jarot.

Terjadinya kebakaran hutan dan lahan, sambung Iptu Jarot disebabkan karena ulah manusia. Untuk itu, pihaknya melakukan tindakan pencegahan dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar maupun pengunjung tempat wisata.

"Himbauan ini berupa larangan membakar sampah dan membuang bahan yang mudah terbakar, seperti puntung rokok," tandasnya.

Di tengah kegiatan patroli hutan, jajaran Polsek Bandungan juga memberikan bantuan sembako kepada petani maupun masyarakat sekitar lokasi rawan kebakaran.

"Kegiatan sejenis akan terus digalakkan sebagai upaya meminimalisir kebakaran," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA