Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemprov DKI Klaim Program Penanggulangan Banjir Berhasil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 02 Maret 2023, 04:58 WIB
Pemprov DKI Klaim Program Penanggulangan Banjir Berhasil
Ilustrasi/Net
rmol news logo Beberapa hari ini, kota Jakarta diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Hujan ini menyebabkan banjir di sejumlah wilayah ibukota.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Joko Agus Setyono, mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya dalam menangani persoalan ini.

"Kita lihat dengan curah hujan yang sedemikian tinggi, namun kondisi Pintu Air Manggarai masih di bawah normal. Artinya, program penanggulangan atau mengatasi banjir bisa kita katakan berhasil,” ujar Joko usai meninjau Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, pada Rabu (1/3).

Keberhasilan penanganan banjir di Jakarta, lanjut Joko, juga atas arahan dan perintah Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono yang menjadikan hal ini sebagai salah satu prioritas utama.

"Memang Pak Pj. Gubernur tidak banyak bicara, tetapi terus bekerja di lapangan. Kita diminta untuk secara bersama-sama dengan beliau untuk bekerja terus menerus menangani banjir,” terang Sekda Joko.

Salah satu arahan Heru dalam mengatasi banjir di wilayah DKI Jakarta, kata Sekda Joko, adalah membersihkan saluran air untuk memperlancar aliran air hujan, sehingga genangan bisa lebih cepat surut. Karena itu, salah satu tolak ukur genangan harus surut dalam waktu 6 jam tetap diberlakukan.

Keberhasilan Pemprov DKI dalam mengatasi permasalahan banjir juga dikarenakan partisipasi masyarakat yang semakin tinggi dan tingkat kesadarannya dalam membuang sampah pada tempatnya, tidak di sungai maupun di saluran-saluran air.

"Saya berharap, kesadaran ini semakin hari semakin meningkat, sehingga upaya kita di dalam menangani atau mengatasi banjir bisa lebih baik dari waktu ke waktu,” pungkas Joko. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA