Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Polisi Telah Siapkan Pengamanan Iduladha 1443 Hijriah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 04 Juli 2022, 20:07 WIB
Polisi Telah Siapkan Pengamanan Iduladha 1443 Hijriah
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo/Net
rmol news logo Skenario pengamanan telah disiapkan Polri untuk memastikan pelaksanaan Iduladha 1443 hijriah pada 10 Juli mendatang berjalan lancar dan aman.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, pengamanan nantinya akan dilakukan oleh setiap masing-masing Polisi Daerah (Polda).

"Ya, untuk Polda sudah siapkan Pam (pengamanan) Idul Adha sesuai pengumuman yang sudah disampaikan pemerintah," kata Dedi kepada wartawan, Senin (4/7).

Mantan Kapolda Kalteng ini menyampaikan bahwa pengamanan Iduladha nanti juga akan dilakukan oleh pihaknya di sejumlah ruas jalan tol.

"Untuk Korlantas juga siapkan Pam di jalur-jalur tol," sebutnya.

Senada dengan Dedi, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, untuk pengamanan pada Iduladha nanti sudah masuk dalam agenda tahunan pihaknya.

"Idhul Adha sudah masuk dalam agenda pengamanan tahunan, kita tunggu instruksi yang akan dikeluarkan dari Kapolri untuk pelaksanannya," ujar Firman.

Pemerintah secara resmi telah menetapkan 1 Zulhijah 1443 Hijriah/2022 Masehi jatuh pada Jumat (1/7)/ Degan begitu, maka Hari Raya Iduladha 10 Zulhijjah 1443 H jatuh pada Minggu (10/7) setelah diputuskan lewat sidang isbat, Rabu.

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan hasil hisab posisi hilal dan laporan rukyatul hilal. Dari 86 titik di 34 provinsi pemantauan hilal, tak ada satupun yang melaporkan telah melihat hilal.

Dari hasil pemaparan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama (Kemenag) ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia pada posisi antara 0 derajat 52 menit sampai dengan 3 derajat 13 menit dengan sudut elongasi 4,27 derajat sampai dengan 4,97 derajat.rmol news logo article

EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA