Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Makin Mesra, Rusia dan China Buka Jembatan Penghubung Heilongjiang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 12 Juni 2022, 07:40 WIB
Makin Mesra, Rusia dan China Buka Jembatan Penghubung Heilongjiang
Jembatan Heilongjiang yang menghubungkan China dan Rusia/Net
rmol news logo Rusia dan China semakin menunjukkan kemesraannya dengan membuka jembatan penghubung Heilongjiang yang melintasi Sungai Amur.

Jembatan yang menghubungkan Kota Blagoveshchensk di Rusia timur dan Kota Heihe di China itu dibuka pada Jumat (10/6). Rute ini akan memotong jarak distribusi barang China ke Rusia sejauh 1.500 kilometer.

Menurut kantor berita RIA, proses konstruksi jembatan dimulai pada 2016 dan menelan biaya 19 miliar rubel. Jembatan selesai pada Mei 2020, namun baru dibuka tahun ini karena pandemi Covid-19.

Pada upacara peresmian jembatan tersebut, pejabat dari kedua negara mempresentasikan jembatan tersebut sebagai bagian dari pendalaman hubungan antara Moskow dan Beijing.

“Di dunia yang terpecah saat ini, jembatan Blagoveshchensk-Heihe antara Rusia dan China membawa makna simbolis khusus,” kata perwakilan Kremlin di Timur Jauh Rusia, Yuri Trutnev, seperti dikutip The National.

Menteri Transportasi Rusia Vitaly Savelyev mengatakan jembatan itu akan meningkatkan perdagangan bilateral Rusia dan China menjadi satu juta ton barang per tahun.

Rusia telah berusaha untuk memperdalam hubungannya dengan China di tengah invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari. China sendiri mengutuk sanksi Barat terhadap Rusia dan menyerukan gencatan senjata. rmol news logo article
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA