Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Diminta Tak Menaikkan TDL dan Cabut Subsidi LPG Sampai Ekonomi Kembali Stabil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 28 April 2022, 00:58 WIB
Pemerintah Diminta Tak Menaikkan TDL dan Cabut Subsidi LPG Sampai Ekonomi Kembali Stabil
Ketua Dewan Syuro PKS, Salim Segaf Al-Jufri/Net
rmol news logo Rencana pemerintah menaikkan tarif dasar listrik (TDL) dan mencabut subsidi LPG 3 kg dinilai akan menambah beban masyarakat kecil di tengah kondisi ekonomi yang belum stabil saat ini.

Dituturkan Ketua Dewan Syuro PKS, Salim Segaf Al-Jufri, peran pemerintah sangat penting untuk memberikan kebijakan yang berpihak kepada rakyat. Pasalnya, dalam dua tahun terakhir angka pengangguran meningkat tajam, akibat sentimen negatif pandemi Covid-19.

"Saya melihat bahwa di sini pentingnya pemerintah untuk hadir mengurangi beban masyarakat. Dua tahun pandemi ini saya yakin juga kondisi masyarakat kita ekonomi semakin menurun, jumlah kemiskinan bertambah, di sini saya berharap pemerintah juga memikirkan kondisi masyarakat kita yang susah,” kata Salim Segaf di kediamannya di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Rabu (27/4).

Salim meminta pemerintah untuk menimbang ulang rencana menaikkan TDL dan mencabut subsidi LPG 3 kg yang dinilainya akan membebani rakyat kecil.

“Dalam kondisi seperti sekarang ini jangan dinaikan, apakah itu berkaitan LPG 3 kg yang merupakan kebutuhan mendasar masyarakat, maupun tarif dasar listrik saat-saat ini, tolong jangan dinaikkan sampai ekonomi semakin stabil. Kesejahteraan semakin meningkat, ya baru silakan,” ujarnya.

Menurutnya, dampak negatif dari kebijakan tersebut akan meningkatkan beban APBN. Untuk itu ia meminta pemerintah memikirkan nasib rakyat keicl.

"Pasti beban APBN semakin meningkat tapi di situlah pentingnya negara hadir dan memikirkan kepentingan rakyat yang miskin, terutama mereka-mereka yang di bawah garis kemiskinan, ya menengah ke bawah lah. Memang dampaknya akan terjadi defisit anggaran akan terbebani,” paparnya.

"Saya yakin insyaAllah kita masih punya cara-cara lain yang tidak membuat masyarakat terbebani dalam kondisi susah ini,” demikian Salim. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA