Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PKS Nyatakan Lima Sikap Perihal Kekerasan Israel Terhadap Rakyat Palestina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 16 Mei 2021, 17:19 WIB
PKS Nyatakan Lima Sikap Perihal Kekerasan Israel Terhadap Rakyat Palestina
PKS Nyatakan lima sikap atas kekerasan Israel terhadap Palestina/RMOL
rmol news logo Tindak kekerasan yang dilakukan rezim zionis Israel terhadap rakyat Palestina melukai hati umat Islam di dunia.

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu menyampaikan, tindakan kekerasan Israel disebabkan oleh proses pengadilan kontroversial yang mengakibatkan tindakan pengusiran empat keluarga Palestina dari rumah mereka di Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur.

“Pengusiran ini bukanlah kebijakan parsial yang berdiri sendiri, tetapi merupakan bagian yang integral dari tindakan penjajahan rezim zionis Israel terhadap rakyat Palestina, yang bertentangan dengan norma hak asasi manusia dan hukum internasional,” tegas Syaikhu di Gedung DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Minggu (16/5).

Atas tindakan tersebut, PKS menyampaikan lima sikap tegasnya terhadap terhadap aksi zionis Israel. Pertama, PKS mengutuk keras serangan rezim zionis Israel yang brutal dan sistematis kepada rakyat Palestina di Gaza.

Kedua, PKS menolak dengan tegas segala bentuk narasi, wacana publik dan pandangan yang menyatakan bahwa rezim zionis Israel memiliki hak untuk melakukan pembelaan diri (self-defense).

“Seolah-olah mereka adalah korban yang mengalami serangan sehingga memiliki hak untuk melancarkan tindakan kekerasan yang jelas-jelas mengarah kepada tindakan kejahatan kemanusiaan (crime against humanity),” katanya.

Yang ketiga, PKS mendukung sikap pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Luar Negeri yang secara konsisten melakukan pembelaan terhadap hak-hak rakyat Palestina untuk dapat hidup damai, merdeka, dan berdaulat di bumi Palestina.

“Sikap politik luar negeri tersebut sejalan dengan sikap para pendiri bangsa (founding fathers) serta pembukaan konstitusi UUD NRI 1945 yang dengan tegas menolak segala bentuk penjajajahan di muka bumi, termasuk di bumi Palestina,” ucapnya.

Keempat, PKS menyayangkan sikap politik luar negeri Amerika Serikat yang cenderung mendukung tindakan kekerasan rezim zionis Israel sebagai legitimasi untuk melakukan pembelaan diri.

“Kami mendesak pemerintah Amerika Serikat di bawah kepemimpin Presiden Joe Biden untuk dapat bersikap konsisten dan adil terhadap hak asasi rakyat Palestina,” katanya.

“Terkait hal ini, kami berencana akan mengirimkan surat terbuka secara resmi yang ditujukan kepada Presiden Joe Biden pada hari Senin besok,” imbuhnya.

PKS pun mengajak seluruh elemen bangsa di Indonesia untuk saling mendoakan dan mendukung hak-hak rakyat Palestina untuk dapat hidup damai, merdeka, dan berdaulat di tanah air mereka sendiri serta terbebas dari segala tindakan kekerasan dan penjajahan.

“Atas nama rasa keadilan, kebebasan dan kemanusiaan, rakyat Indonesia akan selalu berdiri bersama rakyat Palestina. Allahuakbar. Merdeka!” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA