Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kios Tanah Abang Tutup Lebih Cepat, Pengunjung Juga Dibatasi 50 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 03 Mei 2021, 15:16 WIB
Kios Tanah Abang Tutup Lebih Cepat, Pengunjung Juga Dibatasi 50 Persen
Kondisi Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat jelang lebaran 2021/Net
rmol news logo Beragam strategi dilakukan Perumda Pasar Jaya untuk mengurai kepadatan pengunjung Pasar Tanah Abang yang kian meningkat jelang lebaran.

Seperti hari ini, Perumda melakukan pengetatan pengawasan protokol kesehatan di Pasar Tanah Abang dan seluruh kawasan Tanah Abang dengan mengerahkan 2.500 personel gabungan.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengatakan, Pasar Jaya sudah menyiapkan posko di sejumlah titik di kawasan Pasar Tanah Abang.

Sebagian petugas juga melakukan monitoring dan pengawasan agar protokol kesehatan bisa tetap dijalankan di pasar grosir terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Menurut Arief, sejak dibukanya Pasar Tanah Abang pagi ini, petugas sudah mengatur pembatasan pengunjung 50% dari kapasitas pasar.

"Juga dilakukan pengaturan terhadap alur masuk dan keluar sehingga dapat mengurai penumpukan di dalam pasar," kata Arief diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta, Senin (3/5).

Arief menuturkan, mulai dari pintu masuk pasar seluruh pengunjung diminta untuk mencuci tangan menggunakan sabun, dicek suhu badan, dan harus selalu menggunakan masker.

Sebagian petugas lainnya, baik yang ada di posko dan dalam pasar juga menggunakan pengeras suara mengimbau agar masyarakat memahami betul pelaksanaan protokol kesehatan.

Arief mengatakan, upaya mengurai kepadatan pengunjung ini agar tidak ada penumpukan pembeli di satu lokasi saja.

Petugas mengingatkan agar jika satu lokasi penuh, maka masyarakat disarankan mencari lokasi lainnya mengingat cukup banyak toko menjual produk serupa di kawasan Pasar Tanah Abang.

Selain itu, lanjut Arief, sejak kemarin sudah dilakukan koordinasi dengan PTTransjakarta agar disiapkan bus dari Stasiun Dukuh Atas ke Pasar Blok A Tanah Abang. Upaya ini diharapkan juga bisa mengurangi penumpukan pengunjung yang membawa kendaraan ke pasar tersebut.

Tercatat ada 20 bus yang disiapkan oleh PT Transjakarta dari Stasiun Dukuh Atas ke Pasar Blok A Tanah Abang.

"Mulai sore ini ada aturan penutupan lebih cepat terhadap kios. Toko yang berada di lantai ganjil diminta tutup jam 4 sore dan yang berada di lantai genap tutup jam 5 sore," demikian kata Arief. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA