Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masjid At Tabbayun Meruya Terima 2 Sumur Resapan dari UMB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 25 April 2024, 18:01 WIB
Masjid At Tabbayun Meruya Terima 2 Sumur Resapan dari UMB
Masjid At Tabayyun Meruya menerima sumbangan dua sumur resapan dari Universitas Mercu Buana/Ist
rmol news logo Masjid At Tabayyun di perumahan Taman Villa Meruya, Jakarta Barat menerima sumbangan dua sumur resapan (SR) dari Universitas Mercu Buana (UMB), Kamis (25/4).

Sumur resapan berbentuk kubus equator modular tank tersebut diserahkan secara simbolis oleh perwakilan dosen UMB, Dr Ir Albert Eddy Husin dan diterima langsung oleh Lurah Meruya Selatan, Ghufri Fatchani di halaman Masjid At Tabayyun.

"Kami dari kelurahan diajak kerja sama memilih lokasi yang tepat sasaran, yaitu di halaman Masjid At Tabayyun. Ini untuk menjamin kenyamanan jemaah beribadah tanpa gangguan genangan air di sekitarnya," kata Ghufri di lokasi.  

Sementara itu, Dr Albert menyebut sumbangan itu merupakan wujud nyata dari program Proyek Pengabdian Masyarakat (PPM) dari Mercu Buana dengan melibatkan para mahasiswa S1 dan S1 Fakultas Teknik Sipil UMB.

Ditambahkan dosen Fakultas Teknik Sipil UMB yang memimpin PPM, Eka Nur Fitriani, SR tersebut memiliki keunggulan karena menggunakan modulator tank yang terbuat dari bahan recycled polypropylene ringan.

Modular tank sebagai drainase mengalirkan air di bawah permukaan tanah dan berfungsi sebagai media untuk menyimpan air di tangki resapan. Modular tank dirancang dengan prinsip dan praktik manajemen terbaik untuk pengelolaan air di perkotaan ramah lingkungan.

Modul tersebut sama seperti yang digunakan di Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo berkonsep recycling, yakni air hujan ditampung lalu diolah untuk dapat dipergunakan menyiram tanaman, bahkan air olahannya dapat digunakan untuk berwudhu.

"Kami mewakili pengurus Masjid At Tabayyun menyampaikan ucapan terima kasih kepada UMB dan Lurah Meruya Selatan atas pemilihan lokasi SR di halaman Masjid At Tabayyun," tambah perwakilan Masjid At Tabayyun, Erlangga. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA