Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Jokowi Khawatir Jutaan Masyarakat Nekat Mudik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Jumat, 30 April 2021, 08:57 WIB
Presiden Jokowi Khawatir Jutaan Masyarakat Nekat Mudik
Ilustrasi mudik/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo menyimpan kekhawatiran tentang pelanggaran mudik selama Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Sekalipun pemerintah telah melakukan larangan mudi pada tanggal 6 hingga 17 Mei bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali, Jokowi khawatir banyak masyarakat yang nekat.

"Saya betul-betul masih khawatir mengenai mudik di Hari Raya Idul Fitri yang akan datang," katanya saat memberikan arahan ke kepala daerah, yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Preisden, Kamis (29/4).

Kekhawatiran Jokowi ini didasarkan pada survei dari Kementerian Perhubungan, yang menyebut terdapat 18,9 juta orang berencana mudik meski pemerintah sudah menyatakan pelarangan.

Walaupun sebenarnya angka ini sudah turun drastis jika dibandingkan saat pemerintah belum melarang mudik. Di mana ada 89 juta penduduk yang menyatakan akan pulang kampung saat lebaran.

"Tapi angkanya juga masih besar, hati-hati, 18,9 juta orang yang masih akan mudik," ucap Jokowi.
 
Atas alasan itu, Jokowi meminta kepala daerah untuk berhati-hati dan memperketat disiplin protokol kesehatan. Mantan walikota Solo tersebut mengingatkan bahwa lebaran tahun lalu kasus Covid-19 naik 93 persen, sekalipun mudik juga sudah dilarang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA