Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Secara Maraton, Polri Rampungkan Kasus KM 50 Dan Periksa Petugas Lapangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 05 Januari 2021, 16:59 WIB
Secara Maraton, Polri Rampungkan Kasus KM 50 Dan Periksa Petugas Lapangan
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono/Ist
rmol news logo Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dalam hal ini Bareskrim terus melakukan penyidikan, dalam rangka menuntaskan kasus kasus tewasnya enam laskar FPI di Tol Jakarta-Cikampek KM 50 Karawang, Jawa Barat.

"Yang jelas di kasus KM 50 sampai sekarang Bareskrim Polri sedang melaksanakan tugasnya dan penyidik sedang menyelesaikan tugas itu dan sampai sekarang juga masih belum bisa menyimpulkan dan mudah-mudahan tidak lama lagi bisa diselesaikan tentunya hasil dari penyidikan dari Bareskrim akan diinformasikan kepada masyarakat," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan di gedung Bareskrim, Jakarta, Selasa (5/1).

Senafas dengan itu, secara maraton, Propam Polri juga melakukan penyelidikan dugaan pelanggaran Standart Operasional Prosedur (SOP) terhadap anggota Polda Metro Jaya yang bertugas saat insiden bentrok dengan laskar FPI, termasuk melakukan pengawasan terhadap jalannya penyidikan perkaranya.

"Kegiatan-kegiatan pengawasan dari Divpropam itu masih berjalan," tandas Rusdi.

Sebelumnya, Senin kemarin (4/1), Komnas HAM memanggil Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri untuk melakukan rekonstruksi ulang peristiwa berdarah di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat. Rekonstruksi dilakukan di halaman kantor Komnas HAM.

Anggota Komnas HAM Beka Ulung Hapsara usai rekonstruksi, mengatakan, pihaknya ingin detail melihat soal posisi duduk empat anggota laskar FPI saat dibawa oleh personel Polda Metro Jaya sebelum tewas akibat tembakan petugas dan tindakan petugas Polda Metro Jaya dari mulai TKP hingga kamar jenazah RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.    
 
"Kami lengkapi (kronologis), siapa yang ada di barisan terakhir, tengah, terus tindakannya apa yang diambil teman-teman kepolisian sampai kemudian ke Rumah Sakit Polri. Jadi itu kira-kira rekonstruksi peristiwa yang tadi dilakukan," tandas Beka. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA