Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peranan Korlantas Dalam Antisipasi Lalu Lintas Selama Libur Panjang Patut Diapresiasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 25 Agustus 2020, 10:59 WIB
Peranan Korlantas Dalam Antisipasi Lalu Lintas Selama Libur Panjang Patut Diapresiasi
Kakorlantas Polri, Irjen Istiono/RMOL
rmol news logo Kondisi arus lalu lintas selama libur panjang Tahun Baru Islam yang terpantau aman dan lancar tidak lepas dari peranan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri yang terus berupaya menerapkan manajemen lalu lintas dan antisipasi yang baik.

Apresiasi pun diberikan pakar Psikologi Lalu Lintas (traffic psychology), Prof Dr Guritnaningsih P. Santoso, terhadap kinerja maksimal Korlantas Polri.  

"Saya kira komitmen Korlantas untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan di jalan raya, serta ketertiban dalam berkendara sudah semakin kuat," ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (25/8).

Menurut Guru Besar Universitas Indonesia ini, indikator yang mendorong kondisi lalu lintas berjalan dengan lancar juga dikarenakan telah terjalinnya koordinasi yang baik antarjajaran di institusi Kepolisian yang bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi lalu lintas. Sehingga semua kebijakan selalu berjalan kompak secara maksimal.

Guritnaningsih pun menilai, wujud kepemimpinan yang baik dengan bersedia memantau secara langsung kondisi lalu lintas telah ditunjukkan Kakorlantas, Irjen Istiono, sehingga menularkan semangat kerja yang tinggi kepada petugas yang bekerja siang malam.

"Keterlibatan pimpinan yang ikut terjun ke lapangan saya kira juga pegang (punya) peranan," sambungnya.

Apresiasi terhadap Korlantas Polri juga datang dari Indonesia Bureacracy and Service Watch (IBSW) atas lancarnya arus balik liburan panjang Tahun Baru Islam.

“Dalam waktu berdekatan kita ada tiga Libur panjang, Libur Idul Adha, 17 Agustusan, dan Tahun Baru Islam. Polri khususnya Korlantas mampu antisipasi dan bersinergi dengan Kemenhub dan Dishub daerah dan membuat arus lalin lancar, ini harus diapresiasi," ujar Sekretaris Eksekutif IBSW, Varhan Abdul Azis.

Diketahui, Kakorlantas Polri, Irjen Istiono, turun langsung melakukan patroli memantau ruas tol Jakarta-Cikampek untuk memastikan kelancaran arus balik long weekend Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah dari luar daerah menuju Jakarta.

Kakorlantas yang saat itu didampingi oleh Kabagops Korlantas Polri, Kombes Rudi Antariksa; Wadirlantas Polda Jabar, AKBP Ahmad Fuady; dan Wakapolres Karawang, Kompol Faisal Pasaribu, menyampaikan kondisi arus kendaraan menuju Jakarta terpantau lancar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA