Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tekan Covid-19, Polda Banten Halau Ribuan Kendaraan Masuk Wisata Anyer

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Senin, 01 Juni 2020, 03:49 WIB
Tekan Covid-19, Polda Banten Halau Ribuan Kendaraan Masuk Wisata Anyer
Petugas Polda Banten saat memeriksa kendaraan/RMOLBanten
rmol news logo Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Banten melakukan penyekatan arus balik perjalanan melalui pos cek poin dan pos-pos penyekatan lainnya. Tujuannya, upaya pencegahan penyebaran virus corona baru (Covid-19).

Penyekatan juga dilakukan terhadap kendaraan wisatawan di sejumlah akses menuju kawasan wisata yang bertujuan untuk mengurangi dan membatasi berkumpulnya orang dalam jumlah besar seperti wisata pantai.

Dilaporka Kantor Berita Politik RMOLBanten, data hingga Minggu, (31/5)  tercatat ada 2.971 kendaraan, baik roda maupun roda dua. Kendaraan itu diputar balikan karena mereka tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

"Penyekatan terhadap arus balik dan wisatawan, kita lakukan untuk membatasi atau mengurangi berkumpulnya orang dalam jumlah besar," kata Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Banten, Kombes Pol Wibowo, Minggu (31/5) seperti dikutip dari Kantor Berita Politik RMOLBanten.

Selain itu, Wibowo mengungkapkan, dalam pelaksanaan di lapangan, pihaknya tetap mempedomani UU internal Polri, Maklumat Kapolri dan SE Gugus Tugas Covid 5/2020.

Kata Wibowo, hanya ada tiga pengecualian perjalanan orang yang diperbolehkan dengan ketentuan perlengkapan dokumen perorangan yang harus dibawa, dan wisata bukan salah satunya.

"Untuk itu kita akan melakukan tindakan putar balik terhadap kendaraan yang akan menuju wisata pantai," ujarnya.

Sejauh ini, dikatakan Wibowo pihaknya telah melakukan putar balik kendaraan tujuan lokasi wisata.

"Dari data yang kita miliki ada sekitar 2.971 kendaraan yang terpaksa kita putar arah karena tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan," terangnya.

Dalam rangka pendisiplinan masyarakat terhadap pelaksanaan protokol pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 dan mendukung program New Normal Live, Ditlantas membagikan masker gratis kepada masyarakat pengguna jalan maupun pengunjung wisata Anyer sebanyak 2.000 buah masker.

Pembagian masker dilakukan disejumlah jalur mudik serta objek wisata, diantaranya pos cek point Gerem, pos penyekatan JLS Kota Cilegon serta di sejumlah lokasi wisata Anyer.

Wibowo mengatakan pembagian ribuan masker kepada masyarakat ini, untuk mengimplementasikan penerapan prosedur tantanan baru yang dicanangkan pemerintah, sekaligus sosialisasi tentang protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari warga.

"Ini penting dan harus kita lakukan, agar disiplin masyarakat terhadap pelaksanaan protokol pencegahan penyebaran Covid 19 semakin meningkat khususnya penggunaan masker, menuju new normal live," ujarnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA