Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantu Persalinan Di Mobil Patroli, 2 Anggota Polsek Ciawi Dianugerahi Penghargaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 13 April 2020, 14:28 WIB
Bantu Persalinan Di Mobil Patroli, 2 Anggota Polsek Ciawi Dianugerahi Penghargaan
Polisi bantu persalinan di mobil patroli/RMOLJabar
rmol news logo Kapolda Jawa Barat, Irjen Rudy Sufahriadi, dan Kapolres Tasikmalaya Kota memberikan penghargaan kepada 2 anggota Polsek Ciawi, Polres Tasikmalaya Kota yang membantu proses persalinan seorang perempuan di mobil patroli beberapa waktu lalu. Kedua anggota polisi itu adalah Aiptu Endang Rahman dan Aiptu Nana.

Penyerahan penghargaan dilakukan di Mapolres Tasikmalaya Kota oleh Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Anom Karibianto, dalam giat apel khusus pemberian penghargaan, Senin (13/4).

Anom Karibianto mengatakan, pihaknya menggelar apel khusus pemberian penghargaan ini untuk mengapresiasi atas prestasi yang diraih anggotanya. Sekaligus memberikan penghargaan dari Kapolda Jawa Barat.

“Kami baru saja memberikan penghargaan kepada personel Polsek Ciawi yang telah  membantu persalinan seorang warga di wilayah Ciawi. Saat itu, melahirkan di dalam mobil patroli,” kata Anom Karibianto, di Mapolres Tasikmalaya Kota, Senin pagi (13/4), dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Menurut Anom Karibianto, pemberian penghargaan ini diharapkan bisa memotivasi anggota yang lain, bahwa setiap pekerjaan yang dilakukan secara ikhlas akan berdampak baik. Penghargaan yang diberikan bukan hanya dalam bentuk surat saja, tetapi ada penghargaan yang lainnya.

“Semoga ini menjadi motivasi bagi anggota yang lain. Yang diberikan bukan hanya surat penghargaan, nanti ada secara khusus diberikan penghargaan dalam bentuk yang lain,” ucap Anom.

Selain memberikan penghargaan kepada anggota yang membantu persalinan, Kapolres Tasikmalaya Kota juga memberikan penghargaan kepada sejumlah anggota Satreskrim yang telah berhasil mengungkap kasus yang menonjol. Yakni kasus pembunuhan siswi SMP yang jasadnya disimpan di gorong-gorong beberapa bulan lalu.

“Kami juga berikan penghargaan kepada anggota Satreskrim yang telah mengungkap kasus yang menjadi sorotan masyarakat. Pengungkapan kasusnya pun sangat berliku-liku dan susah. Maka dari itu, Satreskrim juga kami berikan penghargaan,” pungkas Anom Karibianto.

Diberitakan sebelumnya, seorang perempuan bernama Ika (31) warga Kampung Regol, Desa Pakemitan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, tiba-tiba menjerit di pinggir jalan raya. Saat dicek oleh warga, ternyata  perempuan tersebut hendak melahirkan, Selasa lalu (31/3).

Saat kejadian, datang seorang anggota Polsek Ciawi Polres Tasikmalaya Kota Aiptu Endang Rahman. Melihat kejadian tersebut, warga dan anggota Polisi membawa perempuan tersebut ke tempat Puskesmas Ciawi menggunakan mobil patroli. Namun, saat akan dinaikkan kedalam mobil, bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut sudah mau keluar.

“Meski tidak memiliki riwayat sebagai ahli medis, saya berani dan berhasil menolong persalinan perempuan tersebut di dalam mobil. Alhamdulillah bayi berjenis kelamin laki-laki berhasil keluar dengan selamat,” kata Aiptu Endang yang menjabat sebagai Kanit SPK Polsek Ciawi.

Menurut Endang, saat kejadian memang banyak warga di lokasi. Namun mereka panik dan tidak berani menolong karena takut. Dirinya memberanikan diri untuk menolong, meski tidak mempunyai keahlian medis khusus.

Usai melahirkan di dalam mobil patroli, ibu dan bayi yang dilahirkan berhasil selamat dan dalam kondisi sehat. Polisi pun membawa ibu dan bayinya untuk dilakukan penangan medis lebih lanjut oleh bidan Desa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA